Kamis, 10/08/2017

Wamenkeu: Dana Desa Bisa Pulihkan Daya Beli

Kamis, 10/08/2017

FOTO: ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Wamenkeu: Dana Desa Bisa Pulihkan Daya Beli

Kamis, 10/08/2017

logo

FOTO: ILUSTRASI

JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo meyakini transfer dana desa oleh pemerintah pusat mampu memulihkan daya beli masyarakat.

“Karena dana desa berarti ‘cash for work’. Masyarakat desa yang belum punya pekerjaan, diberikan dana desa jadi bikin jembatan sendiri, gorong-gorong sendiri,” kata Mardiasmo ditemui usai seminar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Jakarta, Kamis.Selain memulihkan daya beli melalui pembangunan fisik, lanjut Mardiasmo, dana desa juga diyakini mampu menciptakan dan memberdayakan kegiatan ekonomi di masyarakat.

“Misalnya nanti yang fisik sudah selesai, nanti ibu-ibu di desa kemudian membuat roti yang sesuai dengan ‘local content’. Tapi konsumsi di desa itu harus menggunakan hasil yang dibuat tersebut,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, penyaluran dana desa yang bersumber dari APBN bertujuan antara lain untuk meningkatkan pelayanan publik di desa, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antardesa, dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.

Pemerintah pusat mengalokasikan Rp60 triliun dana desa untuk tahun anggaran 2017 bagi 74.954 desa dengan rata-rata per desa memperoleh Rp800 juta.

Mardiasmo mengingatkan kepada daerah yang mendapatkan dana desa untuk menggunakannya secara optimal. “Jangan ditahan. Kalau tidak digunakan repot juga, ada SiLPA (sisa lebih perhitungan anggaran)desa, jangan sampai terjadi,” kata dia.

Mardiasmo juga mengatakan bahwa masyarakat akan mendapatkan nilai tambah dan efek berganda yang besar apabila pemanfaatan dan penggunaan dana desa dilaksanakan dengan benar. (rol)


Wamenkeu: Dana Desa Bisa Pulihkan Daya Beli

Kamis, 10/08/2017

FOTO: ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.