Kamis, 24/08/2017

Warga Keluhkan Pembagian JKN-KIS

Kamis, 24/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Warga Keluhkan Pembagian JKN-KIS

Kamis, 24/08/2017

TANA TIDUNG- Pembagian Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS) sudah memasuki tahap kedua, akan tetapi masih saja terdengar ada warga yang masih belum mendapatkan jatah pembagian kartu sakti untuk berobat tersebut, padahal banyak warga yang membutuhkannya terutama di kawasan pesisir yang selama ini tidak maksimal mendapatkan layanan kesehatan lantaran sulitnya jangkauan menuju tempat layanan kesehatan tersebut.

Seperti pengakuan Rina, warga Desa Bebatu, Kecamatan Sesayap Hilir baru-baru ini, menyebut pembagian KIS dari Pemerintah Pusat di tahap dua telah dibagikan disejumlah desa akan tetapi pembagian yang ada didesanya menunggu giliran kendati begitu undangan untuk pengambilan KIS tersebut sudah ada di tangan warga yang menerimanya, sementara ia bersama warga lainnya belum mendapatkan KIS hingga tahap dua ini berlangsung.

“Seharusnya pembagian KIS ini merata khususnya bagi warga yang memang tergolong ekonomi menengah kebawah yang tentunya membutuhkan kartu berobat secara gratis sebab bagi warga yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja rasanya sudah sulit apalagi untuk mendapatkan layanan kesehatan yang gratis dan terjamin seperti harapan kami kelak,” tambahnya.

Ia bersama warga lainnya saat pengambilan KIS pada tahap pertama sudah melakukan antrean untuk mendapatkannya meski terbilang nekat tanpa mendapatkan undangan sebab ia ingin memastikan hanya dengan membawa kelengkapan berupa identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga Kartu Keluarga (KK) pasti akan terdaftar namanya dan meyakini akan mendapatkannya akan tetapi ia harus kecewa ketika petugas mengatakan namanya belum terdaftar dan dimungkinkan masuk dalam tahap kedua.

“Tapi memasuki tahap kedua pembagian KIS belum juga ada undangan untuk pembagiannya, berharap saja dalam beberapa hari ini bila pembagian tahap kedua di desa kami ada nama kami terdaftar, sebab warga tak mampu seperti kami ini yang hanya berharap dan bekerja sebagai nelayan ini kami akan mendapatkan layanan kesehatan secara maksimal nantinya,” harapnya.

Diketahui, pada tahap pertama pembagian KIS ini KTT mendapatkan jatah sekitar 3 ribu kartu yang dibagikan dilima kecamatan mulai Kecamatan Sesayap, Sesayap Hilir, Tana Lia, Muruk Rian dan Betayau sementara untuk tahap kedua masih dalam proses pembagian ke sejumlah desa. (ifa)


Warga Keluhkan Pembagian JKN-KIS

Kamis, 24/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.