Kamis, 14/09/2017

Dinkes Gencar Sosialisasi Germas di Kecamatan

Kamis, 14/09/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dinkes Gencar Sosialisasi Germas di Kecamatan

Kamis, 14/09/2017

TANA PASER – Setelah pencanangan Gerakan masyarakat Hidup Sehat (Germas) jenjang Kabupaten Paser beberapa waktu lalu oleh Bupati Paser Yusriansyah Syarkawie, selanjutnya Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar melakukan sosialisasi ke semua kecamatan.

Berlangsung di Desa Libur Dinding Kecamatan Muara Samu, Senin (11/9) kemarin, Kepala Dinkes Kabupaten Paser dr Dewa Made Sudarsana beserta jajarannya melakukan sosialisasi Germas yang turut dihadiri oleh Wabup Paser HM Mardikansyah dan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0904 Tanah Grogot Mayor Kav Calvin.

“Sekarang ini, untuk hidup sehat itu mahal. Dan kasus penyakit yang banyak timbul akhir-akhir ini, adalah penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes, stroke dan lain-lain yang sebenarnya secara tidak sadar, atau karena kekurangpahaman kita terhadap bagaimana berperilaku atau menjaga pola hidup sehat,” imbuh Dewa.

Oleh sebab itu, Dewa mengajak seluruh warga Kabupaten Paser agar melaksanakan Germas dimulai dari diri sendiri dan keluarga dengan selalu memperhatikan pola serta asupan makanan. “Selain itu, membiasakan hidup bersih di rumah sendiri dan lingkungan tempat tinggal,” ucapnya.

Jika semua masyarakat telah berpikiran sama, lanjut Dewa, tentunya akan terwujud lingkungan yang sehat nantinya. “Kalau semua masyarakat berpikiran yang sama, maka lingkungan yang sehat akan segera terwujud,” ujarnya.

Dijelaskannya, pencanangan Germas melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1/2017 tentang Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat atau Germas. Dimana, kesehatan merupakan kebutuhan hidup sehat semua masyarakat.

“Namun, dewasa ini kesadaran masyarakat untuk perilaku hidup sehat semakin berkurang. Untuk itu, saya mengajak warga Kabupaten Paser agar selalu menerapkan pola hidup sehat, dengan cara CERDIK,” paparnya.

Adapun Cerdik, ia menerangkan, adalah sebuah singkatan dari Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, rajin beraktifitas fisik atau berolahraga, Diet seimbang dengan banyak mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan. “Kalau I adalah Istirahat yang cukup. Sedangkan K, yakni Kelola Stress,” pungkasnya. (sur)


Dinkes Gencar Sosialisasi Germas di Kecamatan

Kamis, 14/09/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.