Jumat, 06/10/2017

Desa Batu Lepok Butuh Gedung SD

Jumat, 06/10/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Desa Batu Lepok Butuh Gedung SD

Jumat, 06/10/2017

SANGATTA - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur masih mempunyai PR besar untuk melakukan pemerataan di bidang pendidikan, misalnya membangun sekolah di daerah pedalaman yang padat penduduk. Pasalnya, masih ada saja wilayah yang minim fasilitas pendidikan di Kutim. Yakni, di Desa Batu Lepok, Karangan, Kutim. 

Tak ada satu pun sekolah di kawasan permukiman. Untuk mencapai SD, harus berjalan 13 kilometer (km). Sementara SMP dan SMA letaknya di desa tetangga.

Kepala Desa Batu Lepok Jum’ah mengatakan, tak ada SD negeri di desa yang berada di Jalan Poros Baru Lepok Km 13 tersebut. Hanya ada SD di dalam wilayah perusahaan. SD negeri yang ada malah terletak di Jalan Poros Batu Lepok Km 0.

“Tidak mungkin tiap hari orang-orang berjalan ke sekolah yang jaraknya 13 km dari rumah,” ucap Jum’ah saat ditemui di Kantor Bupati, Komplek Bukit Pelangi, Sangatta Utara, Kutim, belum lama ini.

 Dia menerangkan, desanya terpusat di Jalan Poros Km 13. SMP dan SMA terdekat hanya ada di desa tetangga, yakni Desa Mukti Lestari, Karangan. Selain itu, tak ada fasilitas layanan kesehatan. Sementara beberapa tempat pariwisata terletak 6 Km dari pusat permukiman, seperti karts mangkalihat dan pemandian air panas.

Diketahui, Desa Batu Lepok berada di Jalan Poros Batu Lepok Km 0-46. “Harusnya fasilitas layanan pendidikan, maupun kesehatan dibangun di Km 13. Saya sebagai kades siap menjalankan tugas sebagaimana mestinya,” ucap perempuan berambut sebahu yang mengaku belum lama menjabat kades itu.

Diketahui, jumlah penduduk Desa Batu Lepok tercatat sekira 700 jiwa dari 300 KK. Jum’ah berharap, Pemkab Kutim bisa membantu membangunkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang terfokus di pusat Desa Batu Lepok nantinya. (yul1116)

Desa Batu Lepok Butuh Gedung SD

Jumat, 06/10/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.