Jumat, 27/10/2017

Sebagian Gua Karst akan Disterilkan

Jumat, 27/10/2017

Gua Karts Sangkulirang/Net

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sebagian Gua Karst akan Disterilkan

Jumat, 27/10/2017

logo

Gua Karts Sangkulirang/Net

SANGATTA -  Dinas Pariwisata Kutai Timur (Dispar Kutim) berencana  terus merawat kelestarian dan keaslian situs sejarah yang banyak dikunjungi dengan melakukan sterilisasi terhadap sebagian kawasan karst, mulai dari gua hingga situs tapak tangan manusia purba yang kini terkenal hingga mancanegara.

Keputusan ini diambil setelah dilakukannya pertemuan bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya Kaltim, baru-baru ini. Kepala Dispar Kutim Dwi Susilanto Gamawan mengatakan, gua karst dan kawasan yang akan disterilisasi hanya sebagian. Artinya, kawasan lain  tetap boleh dikunjungi warga dengan bebas.

“Jadi sebelum masuk, pengunjung akan kami arahkan daerah mana saja yang tidak bisa dikunjungi,” jelas Dwi.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan membuat pagar pembatas antara pengunjung dengan gambar tapak tangan. Hal ini untuk mencegah rusaknya situs tersebut, akibat sering disentuh pengunjung.

“Kami juga akan memberlakukan larangan merokok atau membakar sesuatu di dalam gua karst. Karena, selain cuaca perlakuan terhadap lingkungan sekitar gua juga dapat mempengaruhi kealamian gua. Makanya perlu benar-benar dijaga,” sebutnya.

Dwi mengatakan, dari sekian banyak gua yang ada di bentang karst Sangkulirang, gua kars Tewet di Kecamatan Bengalon yang paling berpotensi untuk dijual. Karena dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat melalui jalur darat. Mulai dari daerah Hamburbatu, melalui jalur sungai Bengalon menggunakan perahu ketinting, hingga akhirnya sampai di base camp Gua Tewet.

“Jadi Gua Tewet ini yang akan fokus kami pasarkan untuk jadi destinasi wisata,” tutur Dwi.(yul1116)

Sebagian Gua Karst akan Disterilkan

Jumat, 27/10/2017

Gua Karts Sangkulirang/Net

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.