Sabtu, 25/11/2017

Kodim Ingin Pindahkan Meriam Jepang

Sabtu, 25/11/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kodim Ingin Pindahkan Meriam Jepang

Sabtu, 25/11/2017

logo

PENAJAM - Komando Distrik Militer (Kodim)/0913 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memiliki cita-cita untuk menguatkan ikon atau lambang satuannya. Salah satunya adalah memindahkan meriam peninggalan Perang Dunia II yang terletak di Gunung Seteleng Kecamatan Penajam ke halaman Kodim di Kelurahan Nipah-nipah.

Sebagai simbol kekuatan tentara, meriam tersebut jika berada di arela Kodim bisa terawat dengan baik.

“Kami bersama pimpinan (Dandim 0913/PPU) memang memiliki rencana untuk memindahkan meriam yang memiliki nilai sejarah itu ke halaman Kantor Kodim di kilometer 9 tersebut,” ungkap Danramil 0913-01 Penajam, Kapten Arif Sugito kepala media ini, Jum’at (24/11).

Tujuan pemindahan itu, agar meriam bisa terawat dengan baik, sebab selama ini benda peninggalan Perang Dunia II cukup tidak terawat, sehingga melihat kondisi tersebut, Kodim 0913/PPU berniat melaksanakan pemindahan.

Niatan pemindahan menurut Arif, menemukan sejumlah kendala lantaran masyarakat setempat, tokoh masyarakat dan pemilik lahan menolak dilaksanakan relokasi.

“Tidak diizinkan untuk dipindahkan, tapi benda bersejarah itukan milik negara, tidak bisa dikuasai oleh seseorang, kami upayakan agar itu bisa dipindahkan,” tuturnya.

Arif menjelaskan dulunya meriam itu tidak seperti yang sekarang ini, sebab pihak Kodim rutin malakukan perawatan salah satunya melakukan pengecetan agar terlihat terbaharui.

Sebelumnya di wilayah itu terdapat tiga meriam peninggalan Jepang. Tapi dua diantaranya telah dipindahkan ke Komando Daerah Militer VI/Mulawarman Balikpapan. Meriam yang ada sekarang ini konon katanya memiliki cerita mistis sehingga tidak dapat dipindahkan secara keseluruhan pada waktu itu.

“Meriam yang satu ini kata masyarakat tidak bisa dipindahkan, menurut keterangannya ada sebuah naga besar yang melilit, sehingga tidak bisa dipindahkan,” ucapnya. (wn1017)

Kodim Ingin Pindahkan Meriam Jepang

Sabtu, 25/11/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.