Selasa, 05/12/2017

Danrem Buka Latihan Penanggulangan Bencana

Selasa, 05/12/2017

PELATIHAN: Danrem membuka pelatihan penanggulangan bencana.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Danrem Buka Latihan Penanggulangan Bencana

Selasa, 05/12/2017

logo

PELATIHAN: Danrem membuka pelatihan penanggulangan bencana.

 SAMARINDA – Kebakaran hutan menjadi salah satu bencana yang rawan terjadi di wilayah Kaltim. Butuh kekompakan antarinstansi terkait untuk mengatasi bencana yang bisa datang kapan saja. Nah, Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASn) menggelar latihan penanggulangan bencana yang juga melibatkan beberapa instansi lainnya. 

Acara itu dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan, pada Senin (4/12) sekitar pukul 08.00 Wita di lapangan Kantor Kecamatan Loa Janan, Kukar. 

Usai membuka acara tersebut, Danrem langsung melakukan pengecekan kesiapsiagaan latihan penanggulangan bencana alam tersebut. Irham menuturkan, acara pelatihan itu diselenggarakan sesuai dengan amanat Undang-Undang RI Nomor 24/2007 tentang bencana alam, khususnya keterlibatan TNI-AD dalam penanggulangan bencana yang diwadahi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Undang-undang RI Nomor 34/ 2004 tentang TNI pasal 7 ayat 2 bahwa tugas pokok TNI dilaksanakan dengan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang (OMSP). 

“Diantara tugas dalam OMSP adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan,” ujar Irham Waroihan saat mengecek kesiapsiagaan latihan di wilayah Desa Purwajaya Kecamatan Loa Janan. 

Irham menuturkan, latihan penanggulangan bencana alam ini merupakan simulasi pengarahan kekuatan Korem 091/ASn dengan satuan badan pelaksana di bawahnya, dalam memberikan bantuan kepada pemerintah daerah guna penanggulangan akibat bencana alam, khususnya di daerah Kaltim. “Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan latihan ini adalah peserta memahami dan mampu melaksanakan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi,” pungkasnya. 

“Memahami dan mampu melaksanakan pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat serta pengendalian unsur satuan bawah dan instansi – instansi terkait di daerah dalam penanggulangan bencana alam. Sehingga terwujudnya suatu konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerja sama terpadu yang efektif dan efisien,” timpalnya.  

Latihan ini dilaksanakan selama empat hari yakni hingga Kamis (7/12) dan melibatkan lebih dari 450 personel TNI dari satuan jajaran Korem 091/ASN, Polri, instansi terkait  dan masyarakat. Dijadwalkan, hari ini akan berlangsung simulasi penanggulangan kebakaran hutan di Dusun Argamulya, Rt 15, Kecamatan Loa Janan. (*/dor)

Danrem Buka Latihan Penanggulangan Bencana

Selasa, 05/12/2017

PELATIHAN: Danrem membuka pelatihan penanggulangan bencana.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.