Breaking News
Home >> Planet Football >> Karena Buffon Juga Manusia
BOLA LEPAS: Blunder yang dilakukan Buffon membuat Italia hanya mendapatkan satu angka dari laga melawan Spanyol di kandand sendiri.
BOLA LEPAS: Blunder yang dilakukan Buffon membuat Italia hanya mendapatkan satu angka dari laga melawan Spanyol di kandand sendiri.

Karena Buffon Juga Manusia

Italia 1-1 Spanyol

TURIN – Tak percaya, bisa jadi itulah yang dirasakan pemain, pelatih dan pendukung Italia saat melihat aksi kiper utama mereka, Gianluigi Buffon, melakukan kesalahan fatal, kalau tidak bisa disebut blunder, kala Gli Azzurri menghadapi Spanyol pada kualifikasi Grup G Piala Dunia 2018 Rusia di Juventus Stadium Jumat (7/10) dinihari kemarin.
Ya, kiper yang akan jadi legenda di Negeri Pizza tersebut membuat kesalahan karena lepas menendang bola yang berakhir dengan jebolnya gawang Italia oleh Vitolo di menit 55 babak kedua. Beruntung tuan rumah selamat berkat penalti Danielle De Rossi lima menit jelang bubaran pertandingan yang menyelamatkan Italia dari kekalahan.
Dengan hasil ini, Spanyol berada di posisi kedua Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA dengan nilai 4. Sementara itu, Italia berada di posisi ketiga, juga dengan koleksi nilai 4. Albania memuncaki klasemen dengan enam poin berkat kemenangan atas Macedonia dan Liechtenstein.
Spanyol mendominasi jalannya pertandingan sejak babak pertama. La Furia Roja tidak hanya memenangi penguasaan bola, tetapi pemain mereka juga rajin menekan pemain-pemain Italia ketika tidak sedang menguasai bola. Tanpa gol menghiasi papan skor babak pertama.
Spanyol baru bisa mencetak gol ke gawang Italia pada menit ke-55. Gol bermula dari umpan panjang yang dilepaskan oleh Sergio Busquets dari tengah lapangan. Umpan Busquets itu dikejar oleh Vitolo dan berniat untuk disapu oleh Buffon, yang maju meninggalkan gawangnya.
Namun, Buffon melakukan kesalahan. Ia gagal menyapu bola. Imbasnya, bola kemudian dikuasai oleh Vitolo dan kini gawang Italia tidak berpengawal. Vitolo dengan tenang melepaskan tendangan datar ke gawang yang sudah kosong.
Tertinggal 0-1, Italia menekan tetapi baru menit ke-82 mereka mendapatkan gol via penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan Sergio Ramos terhadap Eder. De Rossi maju menjadi algojo penalti dan sukses mengubah kedudukan menjadi 1-1 yang bertahan sampai usai pertandingan
Pelatih Italia Giampiero Ventura menyayangkan hasil imbang tersebut. Menurutnya, Italia sudah tampil bagus dan pantas meraih kemenangan pada laga itu. “Kami mampu membayar kesalahan pada babak pertama. Kami tahu Spanyol akan menguasai bola, tetapi gol mereka terjadi kebetulan. Buffon tidak harus melakukan penyelamatan saat itu. Saya pikir hasil ini sangat baik, mengingat kami tidak tampil dengan kekuatan penuh karena banyak pemain yang cedera,” tambahnya.
Pelatih Spanyol Julen Lopetegui menganggap timnya gagal menaklukkan timnas Italia yang ‘spesial’. “Kami pantas menang tapi ini adalah Italia, yang selalu punya nyawa lainnya,” ujar Lopetegui seperti dikutip dari Football Espana. “Sekarang kami harus mengevaluasi mana yang baik dan mana yang buruk untuk pertandingan melawan Albania,” ucap Lopetegui. (fi/mar)