Home >> Akademika >> Kartika Puri : Tempat Belajar dan Bermain Tentara Cilik
KHAS: Kelompok Bermain Kartika Puri yang berada di belakang Markas Komando Distrik Militer 0906/Tenggarong ini memiliki ciri khas tersendiri, anak-anak yang belajar disini memakai seragam tentara yang khas.
KHAS: Kelompok Bermain Kartika Puri yang berada di belakang Markas Komando Distrik Militer 0906/Tenggarong ini memiliki ciri khas tersendiri, anak-anak yang belajar disini memakai seragam tentara yang khas.

Kartika Puri : Tempat Belajar dan Bermain Tentara Cilik

TENGGARONG – Kelompok bermain yang berada di belakang Markas Komando Distrik Militer 0906/Tenggarong ini cukup dikenal secara luas sebagai Kelompok Bermain Kartika Puri V-I. Kelompok bermain yang mencakupi anak – anak usia dua sampai enam tahun ini sudah mengantongi sertifikat akreditasi A semenjak tahun 2015.
“Kami menerima anak usia dua tahun sampai enam tahun. Setiap jenjang umur akan dibimbing dan disesuaikan tingkatannya,” ujar Ria, guru di Kelompok Bermain Kartika Puri V-I pada Koran Kaltim Rabu (23/11) kemarin.
Kelompok bermain ini memiliki empat jenis kelas yang berbeda yaitu Sentra persiapan, sentra Iman dan taqwa (Imtaq), sentra balok, dan sentra seni. “Setiap sentra memiliki tujuan masing – masing. Contohnya sentra persiapan mengajari anak untuk membaca, menulis dan berhitung. Sentra Imtaq mengajari keimanan dan ketaqwaan anak, sentra balok mengajari anak untuk belajar mengenai geometri dan bangunan dengan menggunakan media permainan puzzle bangun ruang (balok, segitiga, kubus), sementara sentra seni mengajak dan mengajari anak untuk melukis, mewarnai dan masih banyak lagi,” jelasnya.
Ada yang berbeda di Kelompok Belajar Kartika Puri V-I ini dibandingkan Kelompok Bermain yang lain, yaitu penggunaan seragam tentara lengkap dengan motifnya yang khas. “Setiap hari Rabu, anak – anak kami menggunakan seragam tentara. Sementara di hari Jumat, anak – anak menggunakan kaos training dengan motif tentara. Untuk hari – hari lain memakai seragam biasa,” tuturnya.
Ria menambahkan bahwa ini dikarenakan Kelompok Bermain ini dibentuk oleh pihak Kodim untuk anak – anak mereka namun tidak menutup kemungkinan jika ada orangtua lain yang mau memasukkan anak mereka di Kelompok bermain tersebut.
Berbicara mengenai prestasi, kelompok belajar ini baru saja meraih juara tiga pada lomba mewarnai yang diadakan oleh Sumarna City Walk pada momen memperingati Hari Pahlawan.
“Sebelumnya anak didik kami juga meraih juara tiga lomba mewarnai pada Festival Muharram yang diadakan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) KH. Muhammad Sadjid,” ujar Ria.
Selain anak didiknya, tata usaha sekolah ini juga mendapatkan prestasi sebagai Administrasi Kelas Terbaik tingkat Kecamatan Tenggarong dari Penilai Supervisi Kelas (Penilik) UPT Dinas Pendidikan Kukar (ted1116)