Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Kecamatan Muara Wis Paling Parah

Kecamatan Muara Wis Paling Parah


korankaltim
korankaltim
2017-05-19 08:10:26
Sekolah hingga Kantor Desa Terendam Banjir



TENGGARONG – Ribuan rumah di Desa Muara Wis, Sebemban, Melintang, Muara Enggelam, dan Desa Enggelam di Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara (Kukar) terendam banjir besar dengan kedalamam 1-2 meter didalam rumah penduduk atau 4 meter dari tanah.

“Dari 7 desa di Muara Wis, lima desa sudah terendam karena berada sekitar danau melintang dan pinggir sungai mahakam. Rumah mereka terendam karena siklus banjir 10 tahunan yang terjadi,” kata Hal ini diungkapkan Camat Muara Wis, Arianto, Kamis (18/5).

Sementara dua desa lainnya, yakni Lebak Cilong dan Lebak Mantan yang berada di antara Sungai Keham masih aman. Namun jika hujan deras maka akan banjir meski hanya banjir lewat.

Arianto mengaku akibat banjir ini ribuan rumah warga dan kantor desa terendam banjir. Rinciannya, di Desa Melintang dan Muara Wis ada sekitar 2.000 jiwa terkena dampak, di Sebemban ada 900 jiwa dan di Muara Enggelam dan Enggelam ada skeitar 800 jiwa terkena dampak banjir

Selain merendam rumah, banjir juga merendam 11 bangunan sekolah mulai SD, SMP hingga SMA di lima desa tersebut dengan kedalaman air di dalam kelas mulai 50 cm hingga 1 meter.

Belum ada warga yang mengungsi akibat banjir ini, namun warga mulai khawatir dengan ancaman gelombang dan angin ribut, khususnya di Desa Melintang yang berada di tengah danau.

Warga juga mulai kekurangan air bersih karena tampungan PDAM Muara Wis sudah terendam banjir serta sembako, sementara air banjir tidak bisa dikonsumsi warga untuk keperluan memasak dan minum.

“Warga tidak mengungsi karena memang sudah mengantisipasi banjir siklus 10 tahunan dengan membangun rumah betingkat, jadi saat lantai dasar banjir mereka naik ke lantai 2. Terakhir banjir ini terjadi 2007, berdasarkan pengalamam titik banjir tertinggi 5-7 meter dari tanah, bahkan banjir sampai ke atap rumah warga,” bebernya.

Saat ini, titik tertinggi banjir terjadi Desa Melintang dan Enggelam dengan kedalaman air 4,5 meter ketingian dari tanah atau 1-2 meter di dalam rumah. Banjir ini semakin mengkhawatirkan karena air terus naik.

Untuk antisipasi, kata dia, pemerintah sudah mengingatkan warga supaya menjaga anak-anak karena banjir besar jangan sampai menelang korban, khusus melintang yang berada ditengan Danau Melintang diminta waspada pada gelombang dan angin ribut serta harus bersiaga siang malam. (ami)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
2 months ago | dibaca 289 kali
img
korankaltim
korankaltim
1 month ago | dibaca 176 kali
img