Breaking News
Home >> Balikpapan >> Kejahatan Jalanan Jadi Atensi Polda

Kejahatan Jalanan Jadi Atensi Polda

BALIKPAPAN-Pengungkapan kasus kejahatan jalanan menjadi atensi Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Kaltim. Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Kaltim, Kombes Pol Winston Tommy Watuliu mengatakan sarana dan prasarana yang modern saat ini sangat menunjang kinerja di lapangan dalam mengungkap suatu kasus yang menjadi atensi.
“Selama ini sangat berhasil pengungkapan kasus yang kita lakukan, berbagai macam kasus yang kita tangani. Kita melakukan inovasi untuk melakukan pengungkapan,” ujar Tommy.
Untuk kasus kriminal jalanan sendiri lanjutnya, bukan hanya dilakukan dari fungsi Reserse saja, fungsi Binmas dan Sabhara juga harus ditingkatkan. “Selain itu kita juga harus mengedepankan masyarakat menjadi polisi untuk dirinya sendiri. karena rata-rata pelaku kejahatan melihat kelengahan dari korban,” bebernya.
Saat melakukan pengungkapan kasus kriminal, salah satunya kejahatan jalanan, upaya paksa sering dilakukan jika para pelakunya melakukan perlawanan dan membahayakan petugas.
“Sebisa mungkin kita menghindari konflik interest baik kepada korban maupun tersangka. Polisi tidak hanya melindungi korban kejahatan tapi harus juga melindungi pelaku kejahatan agar dapat dihadirkan dalam persidangan,” tegasnya.
Oleh sebab itu setiap kali melakukan pengungkapan, para pelaku langsung diborgol, saat melakukan penggerebekan pihaknya mengimbau kepada tersangka untuk tidak melarikan diri maupun melawan petugas karena jika dilakukan petugas kepolisi dapat melakukan upaya paksa salah satunya melumpuhkan dengan tembakan.
“Karena petugas kami juga diberikan kebijakan untuk melakukan tindakan paksa,” tandasnya.(yud)