Published On: Ming, Mei 12th, 2013

Kemampuan Berbahasa Inggris PNS akan Ditingkatkan

TARAKAN – Untuk mengetahui pemahaman, penyerapan, penguasaan dan pemanfaatan bahasa Inggris Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Tarakan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Bahasa Bandiklat (Badan Pendidikan dan Pelatihan) akan melaksanakan program mapping (pemetaan) kemampuan berbahasa Inggris, dengan menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN).
“Kita akan melaksanakan pemetaan kemampuan berbahasa Inggris para pegawai, pasalnya sebagai abdi masyarakat kita harus menguasi bahasa asing. Karena tidak menutup kemungkinan bahasa Internasional ini kita butuhkan dalam menjalankan tugas, baik itu saat menjalankan program yang ada di perangkat komputer maupun dalam berkomunikasi. Mengingat Kota Tarakan sebagai daerah transit yang memangkinkan disinggahi oleh warga negara dari belahan dunia, kalo kita tidak menguasai bahasa Inggris tentunya pelayanan tidak akan maksimal,” terang Kepala Laboratorium Bahasa Totok Subroto, belum lama ini.
Di tahun 2013, pihaknya telah menggandeng International English Foundation (IEF) yang merupakkan sebuah lembaga pemegang hak paten pelaksanaan TOEFL internasionla. Dengan kerjasama tersebut, maka sertifikat TOEFL bagi PNS yang mengikuti diklat dikeluarkan dari Amerika bukan dari UPT Laboratorium Bahasa. “Meskipun saat ini UPT Laboratorium Bahasa masih mendalami bahasa Inggris, namun kedepan kita akan berusaha memahami bahasa lainya seperti Mandarin, karena saat ini bahasa itu sedang menjadi tren,” ungkap Totok. (yan313)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web