Home >> Gaya hidup >> Kenali 2 Bahan Alami Ini Untuk Rambut Sehat
WANITA sedang bersampo.
WANITA sedang bersampo.

Kenali 2 Bahan Alami Ini Untuk Rambut Sehat

LIDAH buaya dan kemiri biasa digunakan untuk dikonsumsi oleh masyarakat, karena manfaatnya. Selain dikonsumsi, kemiri dan lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat untuk rambut dan kulit kepala yang kurang sehat.
Nur Dwiyati, pemiliki salon rambut APPA, berbagi sedikit pengalaman dia dan konsumennya, yang telah menggunakan dua bahan alami itu, untuk mengatasi permasalahan rambut.
“Lidah buaya atau Aloevera bisa digunakan untuk masker pada rambut sehingga rambut bisa jadi lebih lembut. Kandungan ilmiah dalam lidah buaya juga cukup banyak. Ada vitamin A dan C serta masih banyak lagi. Sedangkan kemiri bisa digunakan untuk menjaga rambut dari radikal bebas dan merangsang pertumbuhan rambut,” jelasnya kepada Koran Kaltim, Minggu (27/11).
Nur memberikan cara untuk mengolah lidah buaya dan kemiri untuk perawatan rambut. “Membuat masker rambut itu cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan lendir lidah buaya ke seluruh rambut dan kulit kepala, jangan terlalu tebal. Biarkan hingga 15 menit lalu bilas menggunakan sampo,” katanya. Penggunaan masker rambut dari lidah buaya bisa dicampur dengan air perasan jeruk nipis untuk mencegah ketombe dan rambut rontok.
Berbeda dengan Lidah buaya yang bisa langsung dioleskan. Kemiri harus ditumbuk dan kemudian disangrai, hingga mengeluarkan minyak. Minyak inilah yang digunakan untuk dioleskan kerambut dan kulit kepala untuk merangsang pertumbuhan rambut. Minyak kemiri ini, menurut Nur mampu menghitamkan rambut secara alami.
Saat ditanya mengenai manfaat minyak kemiri untuk penumbuh jenggot, dia sedikit memberi penjelasan. “Biasanya kurang bisa, menumbuhkan jenggot atau brewok itu biasanya keturunan. Sedangkan untuk facial hair lainnya saya kurang tahu,” demikian Nur. (ted1116)