Kendaraan Otonom Diuji Coba di Inggris

0
1

Mulai Pikirkan Regulasi dan Konsep Asuransi

Kendaraan tanpa pengemudi yang membawa penumpang untuk pertama kalinya akan melewati jalanan Inggris, Selasa (11/10), sebagai bagian dari uji coba guna menata jalan bagi kendaraan otonom untuk turun ke jalanan pada akhir dekade ini.
Mobil dua kursi yang dikembangkan oleh satu perusahaan yang muncul dari Oxford University akan diuji di Milton Keynes, kota kecil di bagian selatan Inggris.
Kendaraan itu dibuat oleh Oxbotica dari Oxford University dan perangkat lunaknya dikembangkan oleh Oxford Robotics Institute. Kendaraan itu akan beroperasi penuh tanpa kontrol manusia, menggunakan data dari kamera dan radar untuk bergerak di sekitar area pedestrian.
Penyelenggara berharap uji coba itu akan memberikan informasi mengenai bagaimana kendaraan berinteraksi dengan pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya.
“Uji coba publik pertama kendaraan tanpa pengemudi di kota kita hari ini adalah momen terobosan,” kata Menteri Bisnis Inggris Greg Clark sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.
Pemerintah Inggris mendorong perusahaan-perusahaan pembuat mobil dan perusahaan perintis mengembangkan dan menguji teknologi kendaraan otonom di Inggris, dengan tujuan membangun industri untuk melayani pasar dunia yang diperkirakan bisa bernilai sekitar 900 miliar pound atau 1,1 triliun dolar AS pada 2025.
Awal tahun ini, pemerintah Inggris menggelar pertemuan konsultasi tentang perubahan aturan asuransi dan regulasi kendaraan untuk memungkinkan kendaraan-kendaraan tanpa pengemudi digunakan tahun 2020 dan menyatakan akan memperbolehkan kendaraan semacam itu diuji di jalur kendaraan bermotor mulai tahun depan.
Namun semua pihak masih harus mengatasi kendala teknologi dan hukum, termasuk menentukan siapa yang akan bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan. (atn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here