Breaking News
Home >> Gaya hidup >> Keren, Pakai 4G di Gunung Kinabalu
DUA pendaki asal Indonesia tengah menyusuri jalur pendakian Gunung Kinabalu menuju titik Panar Laban di ketinggian 3.272 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada Senin (21/11/2016). Di Gunung Kinabalu, pendaki bisa menemukan sinyal internet hingga 4G.
DUA pendaki asal Indonesia tengah menyusuri jalur pendakian Gunung Kinabalu menuju titik Panar Laban di ketinggian 3.272 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada Senin (21/11/2016). Di Gunung Kinabalu, pendaki bisa menemukan sinyal internet hingga 4G.

Keren, Pakai 4G di Gunung Kinabalu

Traveler Tak Sulit Untuk Terus Eksis di Media Sosial

KINABALU – Biasanya saat mendaki gunung-gunung di Indonesia seperti di Gunung Gede, Gunung Papandayan, Gunung Salak, dan gunung-gunung lain, pendaki kesulitan mendapat sinyal operator ponsel. Namun, hal itu tak berlaku saat mendaki Gunung Kinabalu di Sabah, Malaysia.
Sinyal bisa didapat bahkan saat di puncak Gunung Kinabalu. Pendaki Gunung Kinabalu bisa menikmati sinyal ponsel hingga 4G di kawasan Gunung Kinabalu.
KompasTravel merasakan sinyal internet 4G saat mendaki Gunung Kinabalu atas undangan Sabah Tourism Board beberapa waktu lalu. Dengan sinyal 4G bisa ditemukan seperti di Pos Layang-Layang dan Panar Laban.
Rekan-rekan instagramer dan travel blogger yang mendaki bersama KompasTravel juga memanfaatkan sinyal internet untuk update konten di media sosial saat berada di penginapan Laban Rata.
Pantauan KompasTravel di Laban Rata, pendaki-pendaki lain juga memanfaatkan sinyal operator yang tersedia di Gunung Kinabalu. Pendaki-pendaki terlihat menyempatkan untuk memegang telepon selular dan melihat media sosial.
KompasTravel juga memanfaatkan sinyal tersebut untuk mengirimkan berita ke Jakarta dan update konten di media sosial. Tak ada kesulitan saat mengakses internet di Laban Rata.
Di beberapa titik memang sinyal ponsel tak dapat ditemukan seperti di perjalanan turun menuju Timpohon Gate. Selain itu, ada beberapa titik yang terjangkau sinyal internet edge.
Pemandu pendakian Gunung Kinabalu, Bobby Wesley mengatakan sinyal internet tersebut berasal dari pemancar yang berdiri dekat Pos Layang-Layang. Pos Layang-Layang sendiri berada di ketinggian 2.702 meter di atas permukaan laut (mdpl). “Sinyal di atas Gunung Kinabalu di sini sudah ada beberapa tahun yang lalu sekitar tiga tahun yang lalu,” kata Bobby kepada KompasTravel beberapa waktu lalu.
Provider komunikasi yang bisa memberikan fasilitas internet hingga 4G di Kinabalu seperti Celcom dan Maxxis. Menurut Bobby, provider Celcom memang unggul hingga pelosok Sabah.
Gunung Kinabalu berketinggian 4.095,2 mdpl. Pendaki bisa mengakses jalur pendakian melalui jalur Timpohon di Ranau, Sabah, Malaysia. (kcm)