Breaking News
Home >> Samarinda >> Kerjasama Sampah Masih Sebatas Perkenalan

Kerjasama Sampah Masih Sebatas Perkenalan

SAMARINDA – Rasa pesimistis disampaikan Walikota Samarinda H Syaharie Jaang terkait dengan rencana kerjasama pengelolaan sampah di Kota Tepian. Ketidak yakinan Jaang terkait dengan belum jelasnya proses kerjasama tersebut yang salah satunya dengan perusahaan dari negara India karena hingga kemarin belum ada tanda-tanda kelanjutannya, baru sampai pada tahap presentasi kepada pihak pemkot.
“Ini sudah kesekian kalianya saya menerima ajakan kerjasama, sebelumnya juga ada Jerman. Tapi nyatanya itu hanya wacana,” ujar Jaang. “Sebenarnya saya mendukung saja kalau ada perusahaan manapun yang ingin bekerjasama, namun saya harapkan tidak berhenti sampai pada tahap perencanaan saja,” tegas Jaang.
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Samarinda Endang Liansyah mengaku sampai saat ini instansinya sudah bertemu dengan pihak perusahaan dari India tersebut namun baru sampai pada tahap perkenalan. “Belum ada kejelasan, mereka hanya sebatas perkenalan saja jadi saat ini kami masih menunggu,” kata Endang.
Pihak perusahaan India tersebut hanya meminta disiapkan tanah saja untuk membangun pabrik pengolahan limbah sampah dan pemkot sudah bersedia membantu menyiapkan. “TPA (tempat pembuangan akhir) kami punya dua, salah satunya di Sambutan yang luasnya 30 hektare, yang di Jalan Suryanata 10 hektare. Tergantung mereka kalau jadi memilihnya di mana,” paparnya. (ms315)