Kesbangpol Gelar Pembentukan Kader Bela Negara

0
5
BELA NEGARA: Sekda Kukar H Marli menyalami kader Bela Negara setelah mengalungkan tanda peserta.

TENGGARONG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Kartanegara menggelar pembentukan kader bela negara yang diikuti 300 peserta. Kegiatan dipusatkan di Aula Pertemuan Asrama Atlet Tenggarong Seberang selama tiga hari mulai Rabu (5/10).
Kegiatan yang dihadiri Sekda Kukar H Marli, Kepala Badan Kesbangpol Fatekurrochman, Kabag Pemerintahan Sunggono, dan Ketua DPRD Kukar H Salehuddin selaku pemateri dibuka Sekretaris Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Brigjen Eko Budi S melalui Kasubid Bela Negara Kolonel Arh Eddy Endrayana.
“Saya melihat peserta di Kutai Kartanegara ini sangat bersemangat mengikuti pembinaan bela negara, tentunya kegiatan ini sangat penting dalam memantapkan bela negara yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional,” kata Eddy dalam sam-butannya.
Menurutnya, setelah kegiatan bela negara ini selesai nantinya akan terus berlanjut pembinaan lainnya dalam memenuhi target 100 juta kader bela negara di seluruh Indonesia.
“Para kader bela negara ini nantinya memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat yang merupakan bagian dari revolusi mental, pentingnya rasa nasionalisme, penuh kesadaran dalam menciptakan perdamaian bukan peperangan,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Kukar Rita Widyasari melalui Sekda Kukar H Marli menyambut baik atas terselenggaranya pembinaan kader bela negara di Kukar. “Ini merupakan tindak lanjut dalam mendukung program pemerintah dalam menyiapkan kader-kader bela negara yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan masa depan, khususnya dalam mempertahankan kedaulatan NKRI,” katanya.
Menurutnya, bela negara adalah untuk meningkatkan dan me-mantapkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kesadaran bela negara, agar nilai-nilai ini menjadi landasan sikap dan prilaku dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.
Adapun materi yang diberikan selama pembekalan bela negara antara lain tataran dasar bela negara, aktualisasi nilai-nilai bela negara dalam mewujudkan ketahanan nasional, empat konsensus dasar kebangsaan, penyuluhan anti narkoba, penang-gulangan bencana negara, strategi menolak paham radikalisme dan komunisme, penyuluhan antiteror dan diakhiri outbond. (hmp01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here