Breaking News
Home >> PEMPROV KALIMANTAN UTARA >> Kesejahteraan Guru Jadi Komitmen Pemerintah
SEJAHTERAKAN GURU: Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie foto bersama para guru di Kaltara saat mendampingi kunjungan kerja Menteri Pendidikan dan Kebudyaan (Mendikbud) Muhajir Effendi, beberapa waktu lalu.
SEJAHTERAKAN GURU: Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie foto bersama para guru di Kaltara saat mendampingi kunjungan kerja Menteri Pendidikan dan Kebudyaan (Mendikbud) Muhajir Effendi, beberapa waktu lalu.

Kesejahteraan Guru Jadi Komitmen Pemerintah

Guru Diharapkan Profesional dalam Bekerja

JAKARTA – Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengatakan pemerintah, baik pusat dan daerah memiliki komitmen untuk mensejahterakan guru. Tentu disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara. Selain komitmen dari sisi kesejahteraan, pemerintah juga terus berupaya meningkatkan kompetensi guru untuk menghasilkan sumber daya manusia yang baik.
Untuk itu, Irianto mengimbau agar tenaga pendidik yang telah mengabdikan diri di Kaltara, dapat bekerja secara optimal. Dengan demikian, keluaran yang dihasilkan dari sekolah merupakan sumber daya manusia yang unggul dan berdedikasi tinggi untuk berkontribusi terhadap pembangunan di provinsi termuda ini.
“Meskipun keadaan ekonomi nasional dan regional kita saat ini cukup sulit, saya mengajak agar guru tetap memberikan pengabdian terbaiknya. Apalagi saat ini, kesejahteraan guru jauh lebih baik dari masa lalu,” ujar Irianto, Kamis (24/11).
Irianto juga menyarankan, agar para guru yang ada perlu mengembangkan lagi semangat rela berkorban untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas. Irianto yakin, jika guru memiliki semangat tersebut, imbalan yang didapatkan tidak hanya bersifat materi, tetapi juga dapat menginvestasi sumber daya manusia yang baik di masa yang akan datang.
“Semangat yang tinggi harus dimiliki guru untuk mencerdaskan masyarakat kita yang ada di Kaltara, sehingga kita berharap akan melahirkan generasi baru yang lebih baik dengan kompetensi yang dapat diunggulkan,” jelasnya.
Untuk mendukung peningkatan kompetensi guru, lanjut Irianto, beberapa waktu lalu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendy telah meletakkan batu pertama pembangunan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kaltara. Hal ini bertujuan agar guru dapat profesional dalam kinerjanya untuk membentuk siswa. “Fondasi awal kualitas SDM selain keluarga adalah sekolah, dan itu ada pada guru,” kata Irianto.
Pendidikan berkarakter, lanjut Gubernur, harus dimulai dari guru. Oleh sebab itu, gubernur mengimbau para guru agar mampu menggali potensi diri dengan tidak hanya sekadar mengajar, tetapi juga dapat membentuk karakter siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Selain itu dirinya juga mendukung pentingnya memberikan pendidikan berkarakter terhadap siswa yang ada di Kaltara. Salah satunya dapat menggali kearifan lokal dengan pengembangan ekosistem lingkungan.
“Dengan sistem pendidikan berkarakter, kami berharap para dapat menggali potensi kearifan lokal yang ada di Kaltara, apalagi Mendikbud memiliki rencana untuk membangun sekolah berasrama di Kaltara,” jelasnya. (adv)