Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Keterwakilan Perempuan di Politik Minim

Keterwakilan Perempuan di Politik Minim


korankaltim
korankaltim
2016-10-06 05:00:44
TENGGARONG – Pelatihan pendidikan politik perempuan yang diselenggarakan DPD KNPI Kukar, resmi dibuka Ketua Ketua DPRD Salehuddin S.Sos S.Fil di Hotel Grand Elty Tenggarong.

Kegiatan yang digelar selama dua hari, 5-6 Oktober 2016 ini diikuti 25 orang peserta yang berasal dari organisasi wanita serta mahasiswi di Kukar.

Ketua panitia pelaksana, Jurnati berharap melalui pelatihan ini akan muncul kader perempuan yang mampu berkiprah di bidang politik yang selama ini lebih di dominasi oleh kaum pria. “Kami ingin mendorong perempuan agar lebih aktif berpolitik, agar bisa membela hak-hak perempuan yang selama ini kerap terabaikan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua KNPI Kukar, Eko Harnanda mengatakan pelatihan pendidikan politik bagi perempuan ini merupakan bentuk tanggung jawab KNPI dalam mencetak generasi muda yang mampu berperan di segala bidang. “Kami berharap pelatihan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi kaum perempuan yang ingin terlibat dalam pembangunan di Kukar khususnya melalui bidang politik,” katanya.

Ketua DPRD Kukar, Salehuddin mengatakan mempromosikan keterlibatan perempuan dalam ranah politik dan demokrasi harus menjadi suatu kebutuhan, sehingga mampu melahirkan perlindungan terhadap hak-hak perempuan dan meningkatkan partisipasi perempuan di dunia politik. “Isu ini sangat krusial, mengingat proporsi penduduk Kutai Kartanegara sebagiannya atau sekitar 47,46 persen adalah perempuan, sementara keterwakilan perempuan dalam proses pengambilan keputusan publik masih rendah,” katanya.

Seharusnya, lanjut Saleh dengan angka proporsi penduduk perempuan lebih dari 40 persen, maka sewajarnya keterwakilan perempuan baik di jabatan politik (DPRD) maupun dijabatan publik (eksekutif) lebih dari 40 persen, tetapi realitanya, di parlemen sendiri angka keterwakilan perempuan hanya 8,89 persen.

Demikian juga pada jabatan publik, keterwakilan perempuan masih dibawah 10 persen. Dua faktor inilah yang menjadi penyebab mengapa indeks pembangunan gender (IPG) dan indeks pemberdayaan gender (IDG) di Kutai Kartanegara masih rendah dibandingkan kabupaten dan kota yang lain di Kalimantan Timur. (adv/hei)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
4 weeks ago | dibaca 216 kali
img
korankaltim
korankaltim
1 month ago | dibaca 3.553 kali
img