Published On: Jum, Apr 12th, 2013

Ketua DPRD Bontang Nyaleg DPR

8 Caleg Kaltim dari Partai Golkar, Termasuk Yunus Nusi

JAKARTA-Daftar caleg sementara DPR RI Kaltim dari Partai Golkar diisi beberapa wajah baru. Dari 8 orang yang mencalonkan diri di Pemilu 2014 nanti, hanya Mahyudin dan Hetifah yang merupakan caleg incumbent. Sisanya berasal dari latar belakang berbeda, sebut saja Ketua DPRD Bontang Neni Moernaeni, Ketua KNPI Kaltim Yunus Nusi. Ada juga anggota DPRD Kaltim yang berniat melenggang dari Karang Paci ke Senayan yaitu M Hatta Zainal Abidin. Kemudian Arief Pahlevi Pangerang, Syamsul Bahri Tanri dan Wahidah Laomp.
“8 dari Kaltim lolos seleksi caleg DPR dari Golkar,” kata anggota Fraksi Golkar Hetifah Sjaifudian usai mengikuti pleno rekrutmen caleg oleh Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Kamis (11/4) malam di Jakarta.
Hasil rapat pleno itu menetapkan sebanyak 560 caleg DPR RI yang terbagi di 77 daerah pemilihan. 560 orang ini diseleksi dari 2.317 peserta orientasi fungsionaris yang dilakukan dalam 12 angkatan.
“Para caleg ini diminta segera melengkapi persyaratan sebelum penyerahan berkas pada KPU yang berakhir 22 April 2013,” katanya.
Hetifah menilai, hasil tim seleksi sudah sangat maksimal serta mengakomodir segala kepentingan. Ada 200 dari 560 caleg atau 35,7 persen caleg perempuan, dan komponen  generasi muda mencapai 41 persen, sebagian diantaranya di posisi 1 dan 2.
“Keterwakilan pusat-daerah juga lebih seimbang,” ujarnya.
Agak berbeda dengan partai lain, tak satu pun dari 3 orang kader Partai Golkar di kabinet menjadi caleg. Termasuk sekjen Partai Golkar Idrus Marham yang tak lagi mencalonkan diri.
Menurut Hetifah yang duduk di Komisi V DPR RI ini, mereka yang lolos rekrutmen dilihat dari aspek pengabdian, integritas, kompetensi, dan ekeltabilitas. Para caleg Partai Golkar diharapkan mampu memenangkan 35 persen kursi di DPR RI atau 30 persen suara.
“Dengan jumlah kursi yang signifikan di legislatif, kita akan optimis  menghadapi pemilihan presiden,” imbuhnya.(geb)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web