Home >> Balikpapan >> Ketua DPRD Dukung Apel Nusantara Bersatu

Ketua DPRD Dukung Apel Nusantara Bersatu

BALIKPAPAN- Ketua DPRD kota Abdulloh menyambut positif instruksi Walikota kepada Dinas Pendidikan untuk mengikutsertakan pegawai dan guru serta siswa sebanyak 3.500 orang dalam “Apel Nusantara Bersatu”, Rabu (30/11).
Menurutnya, apel kebangsaan ini perlu karena kegiatan serupa juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Terlebih Apel Nusantara Bersatu ini bagian untuk menguatkan kembali komitmen NKRI saat ini tengah digoncang oleh beberapa masalah dan gangguan yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.
“Jadi ini merupakan hal yang penting sekali, apa artinya kegiatan yang lain kalau tidak bersatu, kebangsaan dan persatuan itu juga lebih penting, kita tidak akan bisa membangun bangsa ini kalau tidak bersatu, ”tandasnya, kemarin.
Meski pelaksanaan Apel Nusantara Bersatu ini bertepatan dengan ujian semester 1, Abdulloh menilai itu tidak menjadi masalah. Menurutnya ujian semeseter merupakan jadwal regional yang dapat ditunda pelaksanaannya selama satu hari.
“Dengan dimundurkannya ujian semester selama satu hari, siswa tidak akan dirugikan. Siswa tetap masih bisa melaksanakan ujian pada hari berikutnya, kan ujian semester tersebut merupakan jadwal regional, kebijakan internal masing – masing daerah yang menjadwalkan, jadi kalau pun ditunda satu hari tidak menjadi masalah, ini kan demi kebangsaan nasional,” ujarnya.
Diketahui, Apel Nusantara Bersatu merupakan imbauan nasional untuk mengantisipasi terjadinya unjuk rasa di 2 Desember terkait dengan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahya Purnama (Ahok). Sehingga sebelum hal tersebut terjadi, masyarakat Kota Balikpapan dihimbau tidak perlu ikut serta melakukan demo di Jakarta. “Cukup di Balikpapan dengan demo yang arif kemudian tidak diiringi dengan anarkis,” imbuhnya.
Abdulloh mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan serta dalam kegiatan “Apel Nusantara Bersatu” tersebut. “DPRD tentu mendukung sekali, bahkan kami juga akan mengerahkan masing – masing konstituen untuk bisa hadir di Lapangan Merdeka bersama-sama, demi kebangsaan persatuan dan kebangsaan kita,” tukasnya. (din)