Breaking News
Home >> Bontang - Kutim >> Ini Kewajiban dan Hak Pelanggan PDAM

Ini Kewajiban dan Hak Pelanggan PDAM

SANGATTA – Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Aji Mirni Mawarni mengingatkan, 8 kewajiban pelanggan PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur (Kutim), yang harus dipatuhi demi kelancaran produksi PDAM.
Diantaranya, kata dia, pertama, berkewajiban untuk membayar tagihan atas jasa atas pelayanan tepat waktu yaitu mulai tanggal 5-20 setiap bulannya. Kedua, segera melaporkan apabila mengetahui adanya kerusakan pipa dinas atau sarana milik PDAM lainnya. Ketiga, mentaati seluruh prosedur yang tercantum dalam surat pernyataan yang ditandatangani pelanggan.
Selain itu, pelanggan juga wajib menjaga keutuhan instalasi dinas dan persil sambungan yang ada di rumah pelanggan. Kelima, memberi kemudahan kepada petugas dalam melakukan pencatatan meter dan pengembangan sarana air minum. Keenam, hemat dalam penggunaan air dan bersikap sopan dan santun dalam mengajukan komplain.
“Terahir tidak melakukan tindakan yang dapat mengancam keselamatan pegawai PDAM,” sebutnya.
Dia menerangkan, adapun hak pelanggan, diantara memperoleh pelayanan air minum yang memenuhi syarat kualitas, kuantitas, dan kontinuitas sesuai dengan standar yang ditetapkan. Selain itu juga, mendapatkan informasi tentang struktur dan besaran tarif serta tagihan. serta mendapatkan pelayanan teknis dan administratif secara mudah, cepat, dan akurat.
Selanjutnya, mendapatkan penggantian meteran air apabila berdasarkan hasil tera meter menunjukan dalam kondisi rusak. Selain itu juga, pelanggan berhak mendapatkan pelayanan dari karyawan PDAM secara ramah tamah dan sopan santun, serta berhak mengajukan permohonan pemutusan sementara atas permintaan sendiri.
“Sementara untuk pengaduan tentang layanan air bersih yang meliputi keberatan atas tagihan rekening air, apabila ada kesalahan pencatatan (diberikan waktu 7 hari dari tanggal pembayaran rekening), selanjutnya pendistribusian air yang tidak lancar, dan kualitas air yang tidak memadai. Terahir, hal–hal lain yang menyangkut pelayanan air,” jelasnya (sab)