Khawatir Spekulan Tanah, Lokasi TPU Dirahasiakan


korankaltim
korankaltim
2016-10-19 05:00:52
SANGATTA – Pemkab Kutai Timur tahun 2017 mendatang, berencana akan membuka lahan tempat pemakaman umum (TPU) baru, yang berada di sekitar wilayah Sangatta. Rencananya, lahan seluas tiga hektar akan disiapkan terkait rencana pembangunan TPU itu.

Hanya saja, Ismunandar selaku Bupati Kutim masih enggan membeberkan lokasinya. Pasalnya, rencana itu masih sedang dikaji oleh pihaknya melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

Dikatakan Ismunandar, kalau untuk perkuburan umat kristen kini telah tersedia di daerah Kabo Jaya, Desa Swarga Bara. TPU yang dibuka baru ini, nantinya akan dikhususkan untuk umat Islam.

“Kalau kristen kan, sudah ada di Kabo. Kalau yang kita siapkan ini khusus untuk Muslim,” tuturnya, Selasa (18/10).

Terkait pengelolaannya, apakah dilakukan pemerintah atau swasta , Ismu juga mengaku belum memikirkannya sampai ke arah sana. Yang terpenting baginya sekarang, bagaimana merealisasikan pembukaan TPU baru itu.

“Siapa yang akan mengelola itu, nanti kita pikirkan lagi nantinya. Sekarang yang penting kita adakan saja dulu TPU itu,” katanya.

Menurutnya, TPU tersebut nantinya akan dibuka di daerah pingiran perkotaan Sangatta. Pasalnya, lahan yang ada saat ini kini sudah tidak ada lagi, yang memungkin untuk membangun TPU.

“Kalau di dalam Sangatta ini, kemungkinan tidak bisa lagi. Dan kemungkinan, kita akan coba cari areal di daerah pingiran Sangatta,” terangnya.

Ismunandar mengaku memang sengaja belum menyebutkan dimana lokasi TPU-nya, dengan tujuan untuk menghindari adanya spekulasi harga tanah dari masyarakat.

“Kalau kita kasih tau sekarang, nanti ada lagi spekulasi tanah, kan kacau jadinya,” pungkasnya. (sab)

baca LAINNYA