Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Komisi III : Pemda Harus Manfaatkan Perusahaan

Komisi III : Pemda Harus Manfaatkan Perusahaan


korankaltim
korankaltim
2016-10-11 05:00:44
TANJUNG SELOR - Ke-tua Komisi III DPRD Bulu-ngan bidang Ekonomi dan Pembangunan, Alimuddin Anwar memastikan pada Tahun 2017 mendatang Bulungan akan menghadapi masa-masa sulit, khususnya di bidang keuangan daerah. Terjadinya defisit anggaran ditambah penundaan dana alokasi dari pusat membuat Bulungan dituntut lebih kreatif mencari solusi keuangan daerah yang berimbas kepada pembangunan.

Ditemui usai paripurna Hari Jadi Kabupaten Bulungan, Senin (10/10), Alimuddin menjelaskan, bahwa Pemda Bulungan bersama semua pihak terkait harus mulai berfikir keras untuk mencari solusi, salah satunya adalah memaksimalkan rasionalisasi program di setiap SKPD. “Terkait anggaran di tahun 2017, sudah jelas turun, sehingga harus giat persoalan rasionalisasi,” katanya.

Rasionalisasi adalah salah satu cara untuk menekan penggunaan anggaran yang berlebihan. Selain itu, dengan kondisi keuangan yang minim, harus diiringi dengan keseimbangan sehingga penggunaan anggaran merata.

“Yang jelas, terkait penggunaan yang dipandang tak perlu harus dipangkas. Penggunaan anggaran yang sifatnya tidak terlalu penting tidak usah dilakukan. Dari sekarang pemerintah harus sudah mulai melihat apa-apa saja yang perlu dipangkas nantinya,” bebernya.

Selain itu, ia menegaskan potensi-potensi daerah bisa dijadikan solusi untuk masalah pembangunan. Menurutnya, banyak perusahaan di Bulungan yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang pembangunan sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Di sini (Bulungan, Red.) ada perusahaan sawit, ada tambang sampai galian C, itu bisa semua dimanfaatkan untuk menun-jang PAD,” ujarnya.

Ia menerangkan, retribusi dan pajak perusahaan bisa dimaksimalkan dengan cara pengelolaan yang baik dan transparan. Selain itu, kontribusi perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) juga bisa dimanfaatkan untuk membantu daerah dari sisi pembangunan.

“Setiap investor atau perusahaan yang mengelola hasil bumi Bulungan punya kewajiban kontribusi, ini bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan mengingat kondisi keuangan yang kurang baik,” ujar Alimuddin.

Sementara itu, Ketua Komisi III ini ber-harap di tengah kesulitan anggaran daerah kondisi ekonomi masyarakat di Bulungan tetap bisa dipertahankan me-lalui program-program yang kreatif. “Bisa saja keuangan daerah menurun, tapi tingkat perekonomian tetap harus meningkat, minimal dipertahankan. Ja-ngan sampai menurun,” harapnya. (zz)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
3 months ago | dibaca 299 kali
img