Home >> Headline >> Konsep Mal Butik di Bandara SAMS Sepinggan

Konsep Mal Butik di Bandara SAMS Sepinggan

BALIKPAPAN – Peningkatan pendapatan nonaeronautikan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, di Balikpapan terapkan konsep mal butik. Tujuannya tak lain untuk mendongkrak pendapatan bandara internasional tersebut. Bahkan, tersedia ruang khusus komersial untuk retail, food and beverage serta pusat perbelanjaan lainnya.
General Manager Angkasa Pura I Sepinggan Balikpapan, Pujiono menuturkan saat ini pihaknya sedang fokus mengisi gerai di ruang komersial agar terisi penuh.
“Yang penting terisi dulu, mungkin bisa menampung 100 gerai atau lebih,” kata Pujiono, Rabu (5/10).
Dia optimistis, konsep mal butik yang diusung, mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan yang ada di Kota Beriman tersebut. Namun, Pujiono mengaku tarif sewa gerai diakui lebih tinggi dibanding tarif di pusat perbelanjaan pada umumnya.
“Ini tantangan kami untuk punya nilai tawar lebih dibanding pusat perbelanjaan. Karena, lokasinya strategis dan belum ada mal di kawasan timur Balikpapan,” tuturnya.
Untuk target pengunjung, Pujiono target 60 persen calon penumpang bandara dan 40 persen yang mengantar penumpang.
Selain itu, konsep mal butik di bandara menyasar konsumen yang berbelanja di bandara. “Kita berharap masyarakat bisa berkunjung ke bandara. Saat ini sudah ada Matahari Departement Store. Nanti, akan ditambah Hypermart dan lainnya,” sebutnya.
Sementara itu, Ketua Kadin Balikpapan, Yaser Arafat menambahkan, konsep mal butik diselipkan ornamen khas Kaltim. “Lebih baik menjual keunikan salah satu produk khas Kaltim yang diunggulkan. Seperti alat musik sampe serta pernak Kalimantan lainnya,” tambah Yaser.
Selain itu, dia juga meminta pihak bandara berkoordinasi dengan Pemkot Balikpapan guna memacu laju pertumbuhan sektor pariwisata.
“Lebih banyak even nasional di kawasan mal bandara, akan menambah daya tarik,” sebutnya. (yud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*