Home >> PPU - Paser >> KPU PPU Pasang Imbauan di Disdukcapil

KPU PPU Pasang Imbauan di Disdukcapil

PENAJAM – Pelaksanaan Pilkada Penajam Paser Utara (PPU) akan dilaksanakan pada tahun 2018. Tahapan pelaksanaan Pilkada sendiri baru akan dimulai pada Juli 2017 mendatang.
Ketua KPU PPU, Feri Mei Efendi mengatakan dengan telah disahkannya Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Walikota dan Bupati serta terbitnya Peraturan KPU tentang tahapan Pilkada, maka digelarlah Pilkada serentak, namun hanya PPU saja yang tetap melaksanakan Pilkada pada 25 April 2018 mendatang. “Sesuai jadwal tahapan pelaksanaan Pemilu Pilkada PPU 2018 masuk pada Juli 2017 dan pelaksanaanya digelar pada 25 April 2018 mendatang,” katanya.
Meskipun tahapan baru dimulai Juli 2017, namun KPU PPU telah mengambil sejumlah langkah – langkah awal berupa sosialisasi kepada masyarakat pemilih dengan mengunjungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) PPU Senin (17/10).
Ia menerangkan, sosialisasi di Disdukcapil PPU ini dilakukan dengan cara memasang standing banner tentang imbauan ke masyarakat terkait daftar pemilih. “Kita berharap pemasangan standing banner di Disdukcapil dapat terbaca oleh masyarakat yang kelak memiliki hak suara dalam Pilkada PPU secara jelas, tidak sepotong – potong. “Dalam banner itu berisikan tentang imbauan apabila kelak ada masyarakat belum terdaftar sebagai pemilih maka dapat berkoordinasi dengan KPU,” tutur Feri.
Saat ini, KPU PPU telah membuka pelayanan untuk masyarakat yang nantinya belum pernah terdaftar dapat menghubungi via sms, email, pesan facebook atau twitter serta bisa juga mengunjungi www.kpud-penajamkab.go.id.
“Upaya yang kita lakukan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat PPU, dengan harapan partisipasi masyarakat dalam pilkada atau pemilu bisa lebih baik atau lebih tinggi. Apalagi saat ini KPU telah memiliki sejumlah aplikasi untuk memudahkan masyarakat yang nantinya dalam pelaksanaan pendataan belum masuk daftar pemilih,”pungkas Feri. (nav)