Dipublish: 13 Juni 2013, 22:59

KPUD Kaltim Siapkan 8.038 TPS Pilgub

SAMARINDA – Sebanyak 8.038 Tempat Pemungutan Suara (TPS) disiapkan KPUD Kaltim jelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim digelar 10 September mendatang. Jumlah TPS tersebut mengacu pada hasil identifikasi KPUD kabupaten dan kota di Kaltim. Hal itu diungkapkan Komisioner KPUD Kaltim, Baequni kepada Koran Kaltim, kemarin.
“Kita sudah evaluasi jumlah TPS Pilgub sejak rapat kerja pertama KPUD se Kaltim di Berau, kemudian evaluasi kedua dengan memproses desiminasi data KPUD provinsi, kabupaten dan kota pada (7/4) lalu. Hingga kini, data diterima KPUD sebanyak 8.038 TPS,” jelasnya.
Menurutnya, jumlah itu belum final. Pasalnya, masih berpeluang terjadi penambahan atau pengurangan jumlah TPS. Peluang terbesar ada di Nunukan, karena data identifikasi KPUD Kaltim dan KPUD Nunukan berbeda dengan data warga binaan di Lapas Nunukan.
“Perbedaan data itu disebut desiminasi. Karena perbandingan jumlah data  provinsi dan kabupaten mengalami distorsi atau perbedaan. Tapi, melalui desiminasi akan terjadi pengurangan jumlah TPS di Nunukan,” terangnya.
Jika terdapat laporan kekurangan TPS, tentu akan dilakukan kajian dan analisa lebih lanjut. Karena, berbagai upaya agar maksimal.
“Kalau terjadi penambahan TPS, maka jumlah pemilih di TPS itu akan bertambah, tentu saja anggaran dan logistik juga  bertambah,” terangnya.
Ditambahkannya, sebanyak 56.266 petugas TPS disiapkan KPUD Kaltim, setiap TPS terdiri tujuh orang petugas untuk mengatur dan mengurus pencoblosan Pilgub.
“Untuk perangkat dan fasilitas setiap TPS dialokasikan Rp650 ribu,” tambahnya. (fac413)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger