Breaking News
Home >> Akademika >> Kreatif, Siswa SMP YPK Kumpulkan Sampah

Kreatif, Siswa SMP YPK Kumpulkan Sampah

TENGGARONG – SMP YPK Tenggarong Kutai Kartanegara membiasakan murid membawa sampah ke sekolah untuk dikumpulkan. Kebiasaan yang dimaksudkan untuk menjaga lingkungan ini sudah diterapkan sejak dua tahun terakhir.
Wakil Kepala SMP YPK Hairin mengatakan, setiap hari Senin sampai Sabtu, semua muridnya diwajibkan membawa sampah untuk dikumpulkan di bank sampah yang ada di sekolah. Sampah sampah yang dikumpulkan kemudian akan dijual kepada pengumpul sampah.
“Setiap hari anak – anak diwajibkan membawa 3 sampah ke sekolah, kemudian uangnya akan digunakan untuk membenahi kelas,”ungkapnya kepada Koran Kaltim, kemarin.
Menurutnya, dengan mewajibkan anak untuk mengumpulkan sampah setiap harinya, dapat mengajarkan mereka tentang kepedulian menjaga lingkungan dari sampah. “Semuanya ini hanya untuk mengajarkan anak tentang kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar, bukan hanya di sekolah saja tapi juga di luar sekolah,”tambahnya.
Tidak hanya itu, sampah yang mereka kumpulkan juga diolah sebagai hiasan kelas, menjadi kerajinan tangan yang cantik dan bernilai jual tinggi.
SMP YPK juga mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Kutai Kartanegara mendapatkan piala Adipura, dengan menjaga lingkungan di sekolah mereka dan sekitarnya. “Jadi kalau ada sampah di jalan itu biasanya mereka pungut, terus bawa ke sekolah untuk dikumpulkan,” ungkapnya.
Hasil uang dari penjualan sampah tidak hanya untuk memperbaiki kelas, namun juga di gunakan untuk membeli makanan dan dimakan bersama.
“Hasil penjualan sampah itu selain untuk membenahi kelas juga dibelikan kemakanan, kemudian dimakan sama-sama, ” tambahnya.(yul1116)