Kubar Kaya Potensi Ekonomi, Minim SDM

0
1

SENDAWAR – Pemerintah Kabupaten Kubar memfasilitasi peningkatan sumber daya aparatur kampung dan para pengelola Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) se-Kutai Barat (Kubar).
BUMK nantinya akan menjadi wadah usaha kerakyatan dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat kampung. “Potensi ekonomi kerakyatan Kubar sangat besar. Tapi kita terbatas SDM pengelolanya,” papar Bupati FX Yapan, saat membuka acara itu di kantor bupati di Sendawar.
Yapan menuturkan, Kubar memiliki usaha industri kerajinan, pengembangan tanaman pangan dan hortikultura, obyek wisata, peternakan, perikanan dan lainnya. Dengan fasilitasi yang dilakukan pemkab, ia berharap aparatur kampung mengerti mengelola BUMK. “Masyarakat terkendala modal. Juga minim pengetahuan dan keterampilan. Saya berharap aparatur kampung dan para pengelola BUMK mampu mewadahi dan menaungi usaha kerakyatan untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” harapnya.
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMPK) Kubar, Faustinus Syaidirahman menuturkan bahwa acara itu diikuti oleh 40 peserta.
Pesertanya para petinggi, sekretaris, dan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK). Mereka berasal dari Kecamatan Barong Tongkok, Muara Lawa, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Tering, Siluq Ngurai, serta Kecamatan Damai.
Untuk diketahui, pelatihan selama 3 hari itu menghadirkan nara sumber dari dari Pusat Pendidikan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta. (imr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here