PAD Pariwisata Lebihi Target


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 bulan yang lalu     374 kali
img SUMBANG PAD: Ratusan wisatawan memadati pintu masuk Jembatan Repo-Repo.

TENGGARONG –  Dinas Pariwisata mengungkapkan target  Pendapatan Asli Daerah(PAD) sektor pariwisata melebihi target yang ditetapkan. 

“Target tahun ini sebesar Rp2,4 miliar, sedangkan capaian PAD pariwisata per akhir Nopember tembus Rp2,7 miliar. Mudah-mudahan sampai akhir tahun bisa tembur Rp3 miliar,” kata Kadispar Kukar, Sri Wahyuni, kepada Koran Kaltim, kemarin.

Pendapatan terbesar PAD sektor pariwisata didapat dari Pulau Kumala. Objek wisata tengah sungai Mahakam dengan keunikan dan karakteristiknya menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Tenggarong. “Hampir 80 persen berasal dari Pulau Kumala,” ujarnya.

Pulau Kumala digemari karena hadirnya Jembatan Repo-Repo. Di jembatan itu, pengunjung bisa berfoto. Pengunjung yang datang tak hanya untuk berlibur tapi juga bisa berolahraga karena areanya yang cukup luas. 

Menurut Sri, objek wisata yang harus dilintasi dengan jembatan hanya ada dua di Indonesia, yakni di Jambi dan Pulau Kumala di Tenggarong.  “Kita akan bangun juga wahana olahraga skateboart di Pulau Kumala, sehingga nanti akan ada pagelaran skateboard di sana,” ujarnya.

Dengan kelebihan yang ditawarkan, objek wisata yang meraih juara 2 sebagai  tempat tujuan wisata baru terpopuler di Indonesia dari Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 itu tak henti-hentinya dikunjungi wisatawan.

“Kita sudah survei ke beberapa pengunjung di Pulau Kumala, ternyata ada yang datang ke Pulau Kumala sembilan kali. Ini menunjukan bahwa pengunjung yang pernah datang ke Pulau Kumala pasti akan kembali,” akunya.

Sri menyebut  agar objek wisata lainnya menjadi tempat favorit, maka akan dilakukan perawatan demi memanjakan pengunjung. “Di tengah Waduk Panji Sukarame akan dipasang tulisan besar Waduk Panji, sehingga saat pengunjung bermain perahu bebek, bisa singgahi tulisan tersebut untuk berfoto,” paparnya. (ran) 



baca LAINNYA