Jumat, 26/01/2018

Dinkes Minta Warga Tak Panik Soal Difteri

Jumat, 26/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dinkes Minta Warga Tak Panik Soal Difteri

Jumat, 26/01/2018

TENGGARONG - Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Kukar Koentijo Wibdarminto meminta kepada masyarakat Kukar untuk tetap tenang terkait penyebaran penyakit difteri. Puskesmas menyediakan vaksin lengkap untuk pencegahan difteri.

“Masyarakat diminta untuk tenang terkait info yang beredar tentang penyakit Difteri karena selama ini yang terjadi di Kukar hanya suspect (diduga) saja, tidak positif terkena penyakit Difteri,” kata Koentijo, di ruang kerjanya.

Koentijo menambahkan, jika masyarakat sudah divaksin lengkap, maka kecil kemungkinan untuk terkena difteri. Vaksin lengkap tersedia di Puskesmas-Puskesmas. Masyarakat bisa mendatangi Puskesmas. Nantinya, ada petugas kesehatan yang menanyakan riwayat vaksin lengkapnya.

“Di Puskesmas tersedia vaksin DPT 1,2 dan 3, jika masyarakat ada yang belum vaksin DPT 3 maka akan diberikan vaksin DPT 3-nya, yang berpotensi terkena Difteri adalah yang vaksinasinya belum lengkap. Penanganan pasien positif Difteri dengan pemberian antibiotik,” katanya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia(IDI) Kukar, Rajiman mengatakan, info KLB difteri yang selama ini beredar memicu kegelisahan masyarakat. Ini berdampak terhadap permintaan vaksinasi difteri. “Karena info yang beredar heboh, praktek kesehatan di luar pemerintah, banyak diserbu masyarakat yang khawatir Difteri, dan harga vaksinasi lumayan mahal,”katanya.

Terkait banyaknya permintaan vaksinasi Difteri di luar fasilitas kesehatan pemerintah, IDI menyarankan kepada pengambil kebijakan seperti Dinkes Kukar untuk terus berkoordinasi dengan petugas kesehatan.

 “Kita akan buatkan rekomendasi, agar pengawasan peredaran vaksin Difteri maksimal, vaksin Difteri yang beredar harus sesuai standar penyimpanan, dan ini harus ada jaminan dari Dinkes. Petugas vaksinasi yang ada di Puskesmas wajib melaporkan, mana masyarakat yang sudah vaksin lengkap mana yang belum, ini harus jelas pelaporannya,”ujarnya.(ran)


Dinkes Minta Warga Tak Panik Soal Difteri

Jumat, 26/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.