Jumat, 09/02/2018

Tiga Perusahaan Tambang Sepakati Jalur Hauling Bersama

Jumat, 09/02/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Tiga Perusahaan Tambang Sepakati Jalur Hauling Bersama

Jumat, 09/02/2018

TENGGARONG – Tiga perusahaan tambang batu bara di Desa Bakungan, Kabupaten Kukar bisa beroperasi bersama-sama. Kepastian operasi ini menyusul setelah disepakatinya penggunaan jalan tambang  oleh PT Karya Putra Borneo, PT Indo Perkasa, dan PT Mahaguna Karya Indonesia, Kamis (8/2).

Merayakan aktivitas beroperasinya,  ketiga perusahaan tambang ini memotong kambing dan sapi sebagai bentuk syukur dan dibagikan kepada warga sekitar. Sebelumnya, ketiga perusahaan sempat beda pendapat terkait penggunaan jalur hauling serta pelabuhan batu bara. Persoalan itu sempat membuat ketiga perusahaan itu tak beroperasi selama beberapa bulan.

“Setelah sekitar 4 bulanan vakum, akhirnya ketiga perusahaan bergabung dalam satu rekanan di sini (Bakungan) beroperasi lagi. Saat ini, persoalan sudah selesai, dan saatnya memulai kembali pekerjaan-pekerjaan yang tertunda,” ucap Alhifni, Humas dari PT. Mahaguna Karya Indonesia, saat ditemui di lokasi.

Ketiga perusahaan tersebut akan menggunakan jalan hauling serta pelabuhan secara bersama-sama. “Mudah-mudahan  ke depan tak ada kendala lagi, kami di sini termasuk perusahaan merekrut warga sebagai tenaga kerja di perusahaan kami. Saat ini, hampir sebagian besar pekerja merupakan masyarakat lokal,” katanya.

Ketiga perusahaan tersebut juga sepakat memberi bantuan kepada warga. Salah satunya adalah pemberian santunan kepada anak-anak yatim di sekitar lokasi perusahaan. “Itu juga kami lakukan bersama-sama. Mulai beroperasinya perusahaan, juga kami tandai dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim. Mudah-mudahan, ke depan, ada agenda-agenda perusahaan lagi yang bisa diberikan kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

Seorang warga Bakungan, Abdul Rosyid, berharap, perusahaan terus memberikan kontribusi kepada masyarakat. “Mudah-mudahan tidak berhenti. Termasuk untuk tetap memperkerjakan masyarakat lokal di sekitar sini. Kalau perusahaan berkembang, kami harap masyarakat di sekitar lokasi juga demikian. Jadi, tak ada ketimpangan antara perusahaan dan masyarakat,” katanya. (ami)

Tiga Perusahaan Tambang Sepakati Jalur Hauling Bersama

Jumat, 09/02/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.