Minggu, 09/07/2017

Disdikbud akan Berlakukan Transfer Siswa

Minggu, 09/07/2017

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Disdikbud akan Berlakukan Transfer Siswa

Minggu, 09/07/2017

logo

Ilustrasi

TENGGARONG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara akan menerapkan sistem pertukaran siswa di sejumlah sekolah di Kukar. Jarak antara rumah siswa dan sekolah akan menjadi pertimbangan. 

Kabid Dikmen Disdikbud Kukar Tulus Sutopo mengatakan, sistem tukar siswa antar sekolah dilakukan untuk mempermudah pembelajaran siswa. 

“Nanti akan kita lihat saat masuk pertama pembelajaran, kita rekab tempat tinggal siswa, apakah tempat tinggal siswa sangat jauh dengan sekolahnya, jika jaraknya jauh maka bisa dilakukan tukar siswa dengan sekolah yang dekat dengan rumah,” kata Kabid Dikmen Disdikbud Kukar Tulus Sutopo kepada Koran Kaltim, kemarin.

Sebagai contoh, kata Tulus, ada siswa yang berdomisili di Mangkurawang dan diterima di SMPN 3 Tenggarong yang masuk wilayah Kelurahan Melayu. Saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, maka siswa akan diberi pilihan, apakah mau pindah ke SMPN 2 Tenggarong yang masuk Kelurahan Mangkurawang atau tidak. Antara kedua sekolah ini tidak ada perbedaan dari segi kualitas. 

“Kan agak jauh siswa yang bertinggal di Mangkurawang, jika harus bersekolah di Melayu, kebijakan ini hanya memudahkan siswa dan merupakan bagian pembinaan guru terhadap siswa sekitar sekolah,” jelasnya.

Menurut Tulus, selama ini, kota-kota di sekitar Kukar mendapatkan keuntungan dari siswa Kukar yang bersekolah di beberapa kota, karena prestasi yang diterima sekolah bukan melihat asal daerahnya akan tetapi dari mana asal sekolah. Faktor siswa Kukar bersekolah di kota luar Kukar disebabkan kedekatan jarak sekolah dengan rumah siswa.

Tulus menyebut sekolah di Kukar sudah berkualitas. Ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diterima siswa asal Kukar dan penghargaan yang diraih sekolah yang ada di Kukar.

“Siswa di Marangkayu yang tinggal di desa perbatasan dengan Kota Bontang akan bersekolah di Bontang. Siswa asal Anggana dan Muara Badak banyak yang bersekolah di Samarinda, sedangkan siswa asal Samboja ada yang bersekolah di Balikpapan,”pungkasnya. (ran) 


Disdikbud akan Berlakukan Transfer Siswa

Minggu, 09/07/2017

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.