Kamis, 08/06/2017

Peserta BPJS Ketenagakerjaan Informal Meningkat

Kamis, 08/06/2017

BUDI JATMIKO

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Peserta BPJS Ketenagakerjaan Informal Meningkat

Kamis, 08/06/2017

logo

BUDI JATMIKO

TENGGARONG - Sejak 2014 lalu BPJS Ketenagakerjaan Kutai Kartanegara (Kukar) sudah  memperkenalkan fasilitas jaminan sosial Ketenagakerjaan kepada pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU) .

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan (TK) Kukar, Budi Jatmiko menjelaskan,  BPJS Ketenagakerjaan  khusus informal bisa diikuti oleh  tukang ojek, penjual sayur, pembantu rumah tangga, PKL, pedagang, petani, tukang susu,  dokter, dan notaris. Jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan dari kalangan informal semakin meningkat setiap tahunnya. 

“Sampai saat ini cakupan kepesertaan di wilayah Kukar untuk tenagakerja aktif sebanyak 18.581 tenaga kerja, terdiri dari 15.863 tenaga kerja penerima upah/formal, 770 tenaga kerja bukan penerima upah/informal, dan 1.948 tenaga kerja di sector jasa konstruksi,” kata Budi Jatmiko  kepada Koran Kaltim, kemarin.

Program BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan kepada pekerja informal itu  dengan program jaminan kecelakaan, hari tua, dan kematian.  Sedangkan untuk tarif yang akan disetorkan, tidak ditarget berapa per hari atau perbulan. Namun pada prinsipnya, untuk hitungan  soal jaminan sosial khusus buat  pekerja informal berdasarkan UMK di masing-masing daerah. 

“Khusus pekerja informal atau BPU wajib mengikuti jaminan kecelakaan kerja dan jaminan hari tua. Dan dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan khusus buat pekerja informal ini, menandakan bahwasanya sekarang pemerintah tidak lagi memperlakukan diskriminasi atau pembatasan jaminan kepada pekerja di sektor informal dan mereka wajib untuk dilindungi,” terangnya. (ind)

Peserta BPJS Ketenagakerjaan Informal Meningkat

Kamis, 08/06/2017

BUDI JATMIKO

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.