Sabtu, 26/08/2017

Masyarakat Batasi Konsumsi Daging Sapi

Sabtu, 26/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Masyarakat Batasi Konsumsi Daging Sapi

Sabtu, 26/08/2017

TENGGARONG – Perlambatan ekonomi betul-betul kentara di Kutai Kartanegara. Maraknya PHK hingga menurunnya pendapatan PNS menyebabkan daya beli di sejumlah pasar anjlok. Masyarakat kini berpikir dua kali untuk makan enak. 

Kondisi ini juga dialami para pedang daging sapi. Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Mangkurawang bahkan menurunkan jumlah sapi yang dipotong. Dari delapan ekor per hari, kini menjadi empat ekor. Penurunannya mencapai 50 persen. 

“Sekarang hanya empat ekor, paling banyak enam ekor tapi itu sangat jarang,”  kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Distannak Kukar, Fathuddin kepada Koran Kaltim, kemarin.

Dia menjelaskan,  penurunan jumlah sapi yang dipotong di RPH imbas dari daya beli masyarakat yang menurun. Saat ini kelompok rumah tangga harus berfikir dua kali untuk membeli daging sapi untuk lauk makan sehari-hari.

“Daging sapi yang ada sekarang dominan untuk memenuhi pedagang bakso dan warung makan lainnya,” ujarnya.

Menurut dia,  stok sapi yang ada di Kukar sudah cukup, namun belum bisa dikatakan swasembada. Sebab, sapi di Kukar baru mencapai 27.000 ekor. Sementara syarat swasembada minimal 45.000 ekor. Syarat swasembada kian sulit karena rata-rata kelompok ternak menjual sapi keluar Kukar. kondisi ini semakin dipersulit karena sapi Brahma Cross yang dijanjikan Pemerintah Pusat sudah dua tahun ini tak pernah diterima Kukar. 

“Poknak yang ada di Marangkayu menjual sapinya ke Bontang, poknak Muara Badak menjual ke Samarinda, dan poknak Samboja menjual sapinya ke Balikpapan. Diakui Kukar memberikan sumbangsih kebutuhan daging sapi di beberapa daerah luar Kukar,” ujarnya. (ran) 


Masyarakat Batasi Konsumsi Daging Sapi

Sabtu, 26/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.