Tak Ada TPA, Sampah Menggunung di Tiga Titik


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 month ago     194 kali
img

TENGGARONG – Tumpukan sampah dibuang di pinggir jalan raya menjadi persoalan krusial di Kutai Kartanegara (Kukar). Tiadanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah dan kurangnya kesadaran warga untuk menjaga lingkungan menjadi penyebab menumpuknya sampah di pinggir jalan.

Seperti yang terjadi di Pinggir Jalan poros Balikpapan-Samarinda, tepatnya antara kilometer 30-48, Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar). Di pinggir jalan itu, ada tiga titik atau lokasi pembuangan sampah. 

Kondisi ini membuat pemerintah yang menjadi ‘tukang cuci piring’. Jumat (22/9/2017) kemarin, Sahabat Sampah bersama warga membersihkan 3 titik gunungan sampah tersebut. Bersih-bersih yang diikuti sekitar 50 orang itu menghasilkan satu truk penuh sampah. “Alhamdulillah 3 titik tumpukan sampah bisa dibersihkan, hasilnya satu truk sampah penuh,” kata Junaidi, Camat Samboja saat memimpin bersih-bersih itu.

Sampah-sampah itu, kata dia, diduga dibuang oleh pedagang dan warga yang lewat. Ini bisa dilihat dari sampah-sampah yang terdiri dari sayuran, bekas telur, plastik hingga kulit nanas. Hanya saja, pelaku pembuang sampah belum teridentifikasi.

Junaidi mengungkapkan, sampah memang menjadi persoalan krusial di Samboja. Tidak adanya TPA menjadi kendala. Selama ini, sampah-sampah yang ada pun dibuang ke lahan warga. Lahan itu diizinkan pemiliknya untuk dibuangi sampah seperti di Kuala Samboja milik H Abu dan di Wonotirto.

“Sekarang, sudah ada bantuan dari PT Singlurus Pratama yang menyerahkan lahan mereka di Sei Merdeka, Poros Samboja-Sepaku. Sekarang lagi tahap pembangunan jalan oleh PT Bukit Raya Coal Mining (BRCM),” bebernya.

Selain itu, Vico Indonesia dan PT Lembuswana Perkasa juga mulai terlibat dalam mengatasi persoalan sampah ini dengan menyumbang 1 trukk pengangkut sampah. Ini untuk mendukung upaya pemerintah agar pada tahun 2018, Samboja menjadi Kecamatan terbersih di Kukar.

“Memang visi saya, ingin menjadikan Samboja sebagai kecamatan terbersih di Kukar pada 2018,” terangnya. (ami)




loading...

baca LAINNYA