Senin, 25/09/2017

Operasional RT Tergantung Keuangan Desa

Senin, 25/09/2017

TOHARI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Operasional RT Tergantung Keuangan Desa

Senin, 25/09/2017

logo

TOHARI

TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menegaskan bahwa operasional RT tidak sama karena menyesuaikan dengan kemampuan keuangan desa masing-masing. Hanya RT di kawasan perkotaan yang mendapatkan operasional tetap yang diterima pertiga bulan sekali. 

“Untuk ketua RT di tingkat kelurahan besaran operasional Rp750 ribu dan untuk sekretaris RT sebesar Rp400 ribu per bulan. Itu diterima setiap tiga bulan sekali,” kata Kasi Kelembagaan Adat Perencanaan Pembangunan Partisipatif DPMD, Tohari kepada Koran Kaltim, kemarin.

Di tingkat desa, pemberian operasional disesuaikan dengan kemampuan keuangan. Jika Alokasi Dana Desa (ADD) yang diterima besar, maka operasional RT bisa besar pula.  “Besaran tidak boleh dipaksakan,” ujarnya.

Selain disebabkan besaran ADD yang tak menentu, perbedaan ini juga dikarenakan desa harus menanggung biaya operasional lembaga lain ,seperti  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), karang taruna, lembaga adat, dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). 

“Kalau Operasional Kelembagaan yang ada di desa tergantung kemampuan keuangan desa, sedangkan kelembagaan di tingkat kelurahan, besarannya harus sesuai dengan Analisis Standar Belanja (ASB),” katanya.

Lurah Loa Ipuh Darat, Ambo Dalle AR mengatakan, diharapkan operasional yang diterima pengurus RT bisa meningkatkan kinerja mereka. “Pengurus RT harus sigap mendata warganya, dikhawatirkan ada pendatang baru yang belum terdatayang mengancam ketertiban dan keamanan masyarakat yang sudah terjalin dengan baik,” harapnya. (ran)  


Operasional RT Tergantung Keuangan Desa

Senin, 25/09/2017

TOHARI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.