Minggu, 01/10/2017

Ratusan Pulau di Pesisir Kukar Belum Tercatat

Minggu, 01/10/2017

Triono Junaidi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ratusan Pulau di Pesisir Kukar Belum Tercatat

Minggu, 01/10/2017

logo

Triono Junaidi

TENGGARONG –  Badan Pusat Statistik (BPS) Kutai Kartanegara memperkirakan ada sekitar 300 pulau di pesisir Kukar yang belum tercatat. 

Kasi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Kukar, Trino Junaidi menyebut jika semua terdata, maka wilayah Kukar bisa lebih luas dari saat ini. “Kalau semuanya tercatat maka luasnya lebih dari 27.623 kilometer persegi,” kata Triono kepada Koran Kaltim, pekan tadi.

BPS menyarankan agar Pemkab Kukar segera menginventarisir pulau-pulau di Kukar. Sebab, semakin luas wilayah Kukar, maka potensi mendapatkan Dana Alokasi Umum (DAU) semakin besar. 

“Bisa saja Kukar mendapatkan DAU lebih besar tiap tahunnya, asal wilayah Kukar semakin jelas tanpa ada sengketa dengan wilayah lainnya,” jelasnya.

Dosen Ekonomi Unikarta, Heru Suprapto mengatakan Kukar layak mendapatkan DAU dari pusat karena kemampuan fiskal Kukar yang semakin rendah. 

“Pemerintah pusat biasanya mengucurkan DAU ke daerah karena kemampuan fiskal daerah tersebut rendah, kalau APBD Kukar semakin minim, maka potensi mendapatkan DAU ada. Daulu waktu APBD Kukar besar, Kukar tidak mendapatkan DAU dari pusat,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Kukar Rita Widyasari mengatakan pada 2018 nanti Kukar akan menerima  lebih besar dari tahun ini. 

“Tahun ini kita mendapatkan DAU Rp141 miliar, tahun depan bisa lebih besar 100 persen dari sekarang,” ungkap Rita. (ran) 



Ratusan Pulau di Pesisir Kukar Belum Tercatat

Minggu, 01/10/2017

Triono Junaidi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.