Published On: Sel, Mei 14th, 2013

Lagi, 800 MT Batu Bara Diamankan di Tahura

TENGGARONG – Operasi Peti 2013 yang digelar Kepolisian Resor Kutai Kartanegara (Kukar) kembali mengungkap kasus pertambangan ilegal di dalam kawasan hutan Tahura yang terletak di Jalan Balikpapan – Handil II, Rt 2, Kelurahan Sei Seluang, Kecamatan Samboja, Kukar. “Kasus ini masih dalam penyelidikan. Saat ini tim sedang melakukan pemeriksaan di lapangan,” kata Kasat Reskrim Polres Kukar AKP Dody Surya Putra melalui Kasubag Humas AKP Suwarno, kemarin.
Tim  Satuan Reskrim Polres Kukar bekerjasama dengan Satuan Intelkam dan Polsek Samboja menggelar Operasi Peti di sekitaran kawasan hutan Tahura. Dalam operasi tersebut tim menemukan kegiatan penambangan batu bara di dalam kawasan hutan lindung . “Karena penambangannya di kawasan hutan lindung, tentunya ilegal. Petugas mengamankan para pekerjanya dan membawanya ke Kantor Polsek Samboja,” papar Suwarno.
Di lokasi, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti. Seperti, satu unit excavator merek Cat 320D warna kuning, dua unit dump truk (DT) merek Dyna 130 HT warna merah, dan 800 meterik ton (MT) batu bara yang diduga ilegal. “Saat ini semua barang bukti sudah diamankan di lokasi dan diberi garis polisi. Disana, kami menempatkan sejumlah anggota untuk melakukan pengamanan,” ucapnya.
Dalam kasus ini, lanjutnya, pihaknya belum menetapkan tersangka. Karena, pihaknya masih meminta keterangan sejumlah saksi termasuk koordinator hauling dan pengawas di lapangan. “ Saat ini mereka masih dimintai keterangan sebagai saksi. Untuk menambahkan bukti-bukti, kita akan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Pertambangan,” tukasnya.
Sebelumnya, Polres Kukar juga mengamankan  batu bara diuga ilegal di kawasan Kecamatan Anggana, Kukar. Lokasi penambangan illegal tersebut berada di lokasi tambang milik PT Zen Jaya Indonesia (ZJI) yang berada di area eks lahan konsesi milik CV Indra Berjaya, Anggana.
“Ketika kami melakukan pengecekan di lokasi tambang milik PT ZJI, kami mendapati surat IUP OP PT ZJI sudah kadaluwarsa. Namun mereka masih tetap beroperasi,” papar Dody kepada wartawan.
Para pekerja di PT ZJI tersebut diamankan dan dibawa ke Polres Kukar untuk dimintai keterangan. Di lokasi, petugas mengamankan sejumlah barang bukti berupa 4 unit Dump Truk (DT) HINO, 2 Exapator, 1 unit Dozer, 2 lembar data ritase DT batubara lengkap dengan kop PT ZJI. “ Selain itu, kami juga mengamankan 300 Meterik Ton (MT) batubara yang sudah digali. Saat ini semua barang bukti kami amankan di lokasi dan diberikan garis polisi,” ucap Dody. (bio)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web