Home >> Utama >> Lagi-Lagi Sihir Messi
TOREHKAN REKOR: Reaksi Messi yang mempertanyakan keputusan Daniel Orsato setelah kapten Celtic Scott Brown menjatuhkannya pada pertandingan kemarin.
TOREHKAN REKOR: Reaksi Messi yang mempertanyakan keputusan Daniel Orsato setelah kapten Celtic Scott Brown menjatuhkannya pada pertandingan kemarin.

Lagi-Lagi Sihir Messi

Celtic  0-2  Barcelona

GLASGOW – Barcelona melangkah mulus ke fase knock out alias 16 Besar Liga Champions dengan status juara grup dan tak tersentuh kekalahan meski fase pertama masih menyisakan satu laga. Menghadapi Celtic di Celtic Park, Glasgow Kamis (24/11) dinihari kemarin, Blaugrana menang 0-2 lewat brace Lionel Messi yang sempat absen akhir pekan kemarin saat Barca ditahan imbang Malaga tanpa gol.
Dengan kemenangan ini, Barca memuncaki klasemen Grup C dengan perolehan 12 poin dari lima laga, unggul empat poin atas Manchester City yang berada di posisi kedua. Karena fase grup tinggal menyisakan satu laga, Barca dipastikan aman di posisi teratas. Sementara itu, Celtic tetap menempati posisi terbawah di grup karena baru mengumpulkan dua poin.
Adapun gol Messi yang dicetak menit 24 dan penalti menit 55 di laga ini membuatnya mencatat rekor baru. Kapten timnas Argentina itu sudah mencetak 100 gol untuk Barca di kompetisi internasional. Gol-gol tersebut dicetak di Liga Champions, Piala Dunia Klub dan Piala Super Eropa.
Messi juga belum tergoyahkan sebagai top scorer sementara Liga Champions. Pemain 29 tahun ini mencetak 9 gol, atau 4 gol lebih banyak dari bomber Paris Saint-Germain, Edinson Cavani.
Gol pertama Messi ke gawang Celtic merupakan gol ke-400 Barca di bawah kepelatihan Luis Enrique. Sementara itu, assist yang diciptakan Neymar membuat pemain asal Brasil ini menyamai rekor terbaik di Liga Champions sejak musim 2003-2004 (7 assist).
Musim ini Messi sudah mencetak sembilan gol di pentas Liga Champions. Pemain asal Argentina itu kurang dua gol lagi untuk menyamai rekor 11 gol di fase grup milik Cristiano Ronaldo yang terjadi musim lalu. Messi dan Ronaldo sendiri sedang bersaing menjadi pesepakbola pertama yang mampu mengoleksi 100 gol di pentas Liga Champions. Dengan koleksi 92 gol, Messi hanya tertinggal tiga gol dari torehan Ronaldo. Padahal di awal musim ini Messi sempat tertinggal sepuluh gol dari Ronaldo. Sebelum musim ini berjalan, Ronaldo mengoleksi 93 gol Liga Champions, sedangkan Messi baru 83 gol. Sementara bagi Barcelona, keberhasilan mengalahkan Celtic membuat klub asal Katalonia itu untuk kali ke-13 beruntun melangkah ke fase gugur Liga Champions.
Sudah mengamankan tiket ke 16, Barcelona segera mengalihkan fokus dengan berkonsentrasi menghadapi kompetisi domestik, La Liga Prime­ra Spanyol. “Sekarang kami bisa mengalihkan fokus dari kompetisi ini ke La Liga,” kata bek Barca, Javier Mascherano.
Luis Enrique sangat puas dengan kemenangan timnya. “Ini pertan­dingan yang sesuai perkiraan kami, sebuah pertandingan sulit. Mereka mencoba untuk mempersulit kami dengan mengalirkan bola dari belakang dan melakukan pressing tinggi, tapi kami tidak mendapatkan terlalu banyak masalah dan kami bisa menciptakan peluang,” kata Enrique.
Manajer Celtic Brendan Rodgers mempertanyakan penalti Messi. “Saya pikir itu bukan penalti. Saya pikir Luis Suarez brilian dalam hal memprovokasi para bek di sekitar kotak penalti,” ujar Rodgers seperti dikutip Sport.
Setelah kalah dari Barca, Celtic bukan hanya dipastikan tersisih dari Liga Champions, tapi juga dari kompetisi Eropa. Mereka tak akan beranjak dari posisi terbawah di klasemen Grup C. (lbc/mar)