Home >> Samarinda >> Lahan untuk Pemukiman Tanpa Drainase
MELIHAT LANGSUNG: Wawali Nusyirwan Ismail (kiri) mengunjungi kawasan banjir di Sempaja kemarin dan mendapat masukan dari warga terkait masalah banjir.
MELIHAT LANGSUNG: Wawali Nusyirwan Ismail (kiri) mengunjungi kawasan banjir di Sempaja kemarin dan mendapat masukan dari warga terkait masalah banjir.

Lahan untuk Pemukiman Tanpa Drainase

BANJIR yang selalu terjadi saat hujan deras mengguyur Kota Tepian salah satunya disebabkan pembukaan lahan untuk membuat kawasan pemukiman yang terlalu banyak. Tak jarang saat pembangunan perumahan, para pemilik lahan maupun yang membuat perumahan tidak memikirkan kolam penampungannya.
Hal inilah yang diungkapkan Ketua RT 20 Darmaji, Kelurahan Sempaja Lestari, Kecamatan Samarinda. “Setiap hujan lebat di kawasan perumahan saya Sempaja Lestari pasti menjadi langganan banjir. Keluhan karena banjir ini tak hanya saya, tapi keluhan setiap warga karena sampai saat ini belum mendapatkan penanganan,” ujar Darmaji. “Sejak lahan ini dibuka untuk pemukiman, tidak ada parit atau drainase yang dibuatkan untuk agar banjirnya tidak meluap. Kami biasanya bergotong royong untuk mengeruk aliran sungai yang ada tidak jauh dari kawasan perumahan agar sedimen yang ada tidak terlalu menumpuk dan menyebabkan air sungai meluap,” paparnya.
Ia sangat berharap ada perhatian lebih dari pemerintah kepada warganya yang tinggal di perumahan Sempaja Lestari dan sekitarnya karena ketika hujan deras, banjir yang tergenang bisa mencapai lutut orang dewasa. Akses menuju keluar rumah pun sangat sulit dilalui.
Terpisah warga di Jalan Padat Karya Muhammad Khoirul Huda juga mengungkapkan hal serupa. “Saya yakin pemerintah juga tau di Sempaja ini kawasan rawan banjir. Kalau tidak ditata ulang bagaimana persoalan banjir bisa berkurang,” ungkap Khoirul yang juga mantan anggota DPRD Samarinda.
“Jadi kami berharap pemkot sebenarnya sudah jeli lah dengan persoalan banjir yang ada di kawasan ini. Kalau bisa ada penataan ulang untuk pembuatan drainase yang sesuai dengan daya tampung debit air disini,” pungkasnya. (ms315)