Home >> Samarinda >> Langsung Kerja, Saber Pungli Dibentuk Tanpa Dilantik

Langsung Kerja, Saber Pungli Dibentuk Tanpa Dilantik

SAMARINDA – Sampai saat ini pemerintah terus berupaya mengatasi kecurangan oknum yang ingin mengambil keuntungan dari warga khususnya di instansi pelayanan masyarakat. Pemerintah Pusat sudah meminta agar seluruh pemerintah daerah dapat merapatkan barisan membentuk tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).
Pemkot Samarinda pun belum lama ni sudah membentuk tim tersebut dan resmi dibentuk bahkan memiliki izin dari Walikota Samarinda Syaharie Jaang. Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Sekkot Hermanto. “Kami sudah berkoordinasi ke Polres minta mereka tangkap saja oknum yang pungli, diberi shock terapi. Untuk Tim Saber Pungli mereka terbentuk berdasark SK (Surat Keputusan) Walikota namun tidak kami lantik hanya digerakkan saja untuk memberantas pungli,” papar Hermanto.
Beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dinilai rawan praktek pungli yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP). “Dengan adanya payung hukum yang jelas, kami berharap mereka bisa memberantas praktek pungli yang selama ini dinilai mengurangi PAD (Pendapatan Asli Daerah). Baik itu oknum pegawai ataupun non pegawai, tidak pandang bulu semua akan adili jika mereka tertangkap pungli,” jelasnya.
Hanya saja dalam perjalanan dalam roda pemerintahan selama sepuluh tahun ini belum ada pergantian sosok kepala SKPD yang baru, meski ada pemutasian kepala SKPD sehingga hal inilah yang coba dievaluasi lagi oleh pihaknya agar seluruh kepala SKPD yang ada saat ini benar-benar tidak terlibat dari praktek pungli.
“Dengan kepemimpinan yang ada saat ini kami membentuk Saber Pungli agar para pejabat yang ada tidak berani melakukan pungli yang dapat merugikan masyarakat,” pungkasnya. (ms315)