Home >> SEPAKBOLA INDONESIA >> Lawan Filipina, Timnas Siap Total Football
tengah

Lawan Filipina, Timnas Siap Total Football

Tak ada pilihan lain selain menang untuk tim nasional Indonesia, saat berhadapan dengan Filipina pada laga kedua AFF Suzuki Cup 2016, Selasa (22/11) malam, di Stadion Olahraga Filipina.
Hasil pahit kontra Thailand di laga pembuka membuat pasukan Alfred Riedl wajib merengkuh tiga poin saat menghadapi Azkals yang berstatus tuan rumah. Riedl sendiri menegaskan bahwa timnas Indonesia siap total untuk mewujudkan hal tersebut.
Total football ala Belanda diindikasikan Riedl akan jadi gaya main Boaz Solossa cs saat menantang pasukan Thomas Dooley. Riedl pun ingin para pemain lebih bisa bertanggungjawab ketika kehilangan bola. “Kemungkinan kami akan tetap menggunakan formasi sama, 4-4-2. Tapi, saya tegaskan formasi tidak lagi terlalu penting di lapangan,” kata Riedl.
“Terpenting adalah bagaiamana menerapkan serangan secara serentak melibatkan banyak pemain dan begitu juga sebaliknya ketika dalam situasi bertahan. Karena itulah filosofi total football,” urai Riedl .
Bukan hanya timnas Indonesia yang membutuhkan tiga poin, tapi juga Filipina. Karena pada laga perdana, Filipina gagal mengalahkan Singapura yang hanya berkekuatan 10 pemain — Phil Younghusband dan kolega hanya bermain imbang tanpa gol. “Pemain kami cukup frustrasi ketika gagal mencetak gol saat berhadapan dengan Singapura, tapi ini bukan soal kualitas dari pemain kami tapi melawan tim yang banyak menaruh pemain di kotak penalti,”. (gdc)