Dipublish: 26 Agustus 2013, 21:19

Ledakan Terdengar, Tiga Rumah Ludes Terbakar

FOKAL

TENGGARONG – Sebanyak tiga rumah di Jalan AM Sangaji, Gang 4, RT 4, Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kukar (Kutai Kartanegara), Senin (26/8), sekitar pukul 11.30 Wita ludes terbakar. Tiga bangunan yang terdiri dari dua rumah tunggal dan empat pintu bangsalan tersebut merupakan milik Ika Miniawati (30) dan Kaspidi Anwar (60).
Beruntung dalam insiden ini tidak ada korban jiwa. Namun, sebanyak 10 jiwa dari 4 Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.
Tim Inafis Polres Kukar usai melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) menemukan indikasi korsleting lsitrik. Tim INAFIS dipimpin langsung  Bripka Dian Heri Wahyudi menemukan kabel yang mengalami arching atau konsleting di rumah Ika, tepatnya di seluruh ruangan yang ada di dalam rumah, seperti di dua kamar tidur, ruang makan dan ruang tamu. “ Dan mengenai informasi kalau kebakaran diakibatkan kompor yang meledak, kami tidak menemukannya. Karena saat kami melakukan olah TKP, tidak ada ditemukan aktivitas di dapur. Tapi kebakaran ini terjadi karena over kapasitas pemakaian listriknya,” terang Dian, kemarin.
Kebakaran ini pertama kali diketahui langsung oleh Ketua RT 4, Jay Bakrie (61), karena rumahnya bersebelahan saja dengan rumah yang terbakar. Jay mengaku mendengar suara ledakan sebelum melihat api sudah membesar. “ Waktu itu saya mau mandi. Pas di dalam kamar mandi saya mendengar suara ledakan keras?” ucap Jay.
Jay yang penasaran langsung bergegas keluar rumah. Ia kaget rumah tetangganya sudah terbakar. Saat kebakaran terjadi, rumah tersebut sedang kosong. Suami Ika yang bekerja sebagai PNS di Bappeda Kukar sedang ada tugas di kecamatan Muara Kaman. Ika sendiri bekerja di tempat usaha fotokopinya di jalan AM Sangaji.
Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar 10 menit kemudian. Setidaknya ada 8 unit mobil PMK dan 3 mesin pompa portable digunakan untuk memadamkan api secepat mungkin. Hasilnya, api berhasil dijinakkan setengah jam kemudian dan padam pukul 12.30 Wita. Kendaraan water canon milik Polres Kukar juga diturunkan untuk memadamkan api. Akibat kebakaran tersebut, sejumlah pelajar dan guru di SDN 008 yang hanya berjarak 10 meter dari lokasi kebakaran panik dan langsung dipulangkan. Bahkan, sejumlah guru langsung berusaha mengeluarkan berkas-berkas penting, karena ditakutkan api merambat ke sekolah. (bio)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger