Breaking News
Home >> Headline >> Lima PNS Kukar Dipecat Tidak Hormat

Lima PNS Kukar Dipecat Tidak Hormat

18 Orang Dapat Sanksi Turun Pangkat

TENGGARONG – Sepanjang tahun 2016, terdapat 18 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pemkab Kukar didera sanksi disiplin dan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat, mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disipilin PNS.
Sanksi tersebut disampaikan Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar, Hj Noor Lenny saat apel Pagi peringatan HUT ke-45 Korpri di halaman Kantor Bupati Kukar, Selasa (29/11).
Pada kesempatan itu, Lenny menjelaskan, pihaknya sengaja umumkan PNS yang diberi sanksi disiplin, sebab Plt Sekretaris Korpri Kukar juga hadir.
”Awalnya, pengumuman yang dijatuhi hukuman disiplin ini akan diumumkan sesuai instansi dan namanya, hanya memikirkan nama baik PNS, maka yang disebutkan hanya instansi saja,” tegas Lenny kepada Koran Kaltim, Selasa (29/11) di ruang kerjanya.
Adapun lima PNS dipecat tidak hormat itu tersebar di dinas pendidikan, dinas cipta karya, dinas pendapatan daerah, bagian administrasi keuangan dan bagian administrasi umum Setkab Kukar dan staf BKD Kukar.
“Lima PNS yang dipecat tidak hormat, itu tak diketahui lagi keberadaanya. Mengingat, sanksi yang diberikan sesuai aturan berlaku dan tak ada memandang siapa dia . Jika salah, akan diberikan sanksi setimpal perbuatannya,” jelas Lenny lagi.
Sementara itu,18 PNS yang dijatuhi hukuman disiplin itu, empat orang dikenakan hukuman sanksi disiplin sedang dengan menundaan kenaikan pangkat setingkat lebih rendah selama setahun. PNS dimaksud adalah staf di kantor Camat Muara Kaman, staf di Badan Kearsipan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu.
“Untuk hukuman disiplin berat berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun diterima lima PNS orang di dinas pendidikan, bagian administrasi umum sekretariat daerah, kantor Camat Samboja, Kantor Camat Loa Kulu dan bagian administrasi di Setkab Kukar,” bebernya.
Terkait pemberian saksi tersebut, BKD Kukar sangat profesional. Mengingat, tahun ini ada satu staf BKD diberi sanksi sesuai aturan. “Berani berbuat, berani bertanggung jawab dengan kelakuannya,” pungkasnya. (ind)