Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> Listrik Padam Terus, Air PDAM Keruh
PEMBERSIHAN pipa yang dilakukan PDAM Tirta Segah untuk membersihkan penyaluran air ke masyarakat.
PEMBERSIHAN pipa yang dilakukan PDAM Tirta Segah untuk membersihkan penyaluran air ke masyarakat.

Listrik Padam Terus, Air PDAM Keruh

Pemadaman Listrik Sudah Mengganggu Pelayanan Publik

TANJUNG REDEB – Masih berlanjutnya pemadaman listrik bergilir memiliki dampak besar bagi kepentingan publik. Seperti pelayanan air bersih yang dikelola PDAM Tirta Segah. Air yang terdistribusi ke pelanggan, menjadi keruh dalam sepekan terakhir.
Menurut Direktur PDAM Tirta Segah Adief Mulyadi, kekeruhan air yang sampai ke pelanggan, bukan disebabkan dari sumber air baku yang dikelola PDAM, melainkan disebabkan padamnya listrik yang kerap terjadi belakangan ini.
“Bukan karena pengelolaan air kita tapi karena dampak dari pemadaman listrik,” kata dia.
Adief menjelaskan, pada saat pemadaman terjadi, pipa-pipa milik PDAM menjadi kosong. Sebaliknya, setelah listrik kembali hidup, maka endapan lumpur di pipa ikut mengelupas dan mengalir ke pipa distribusi hingga sampai ke pelanggan.
“Makanya ini mulai terlihat saat pemadaman terjadi. Kekosongan dari air di pipa membuat lumpur yang sudah lama masuk juga ke rumah pelanggan,” terangnya.
Kondisi itu lanjut Adief, diperparah lantaran pembersihan pipa yang memang sudah lama tidak dilakukan. Kendati demikian, Adief menampik bahwa faktor kebersihan pipa menjadi penyebab utama kekeruhan air yang terdistribusi ke pelanggan. “Itu tanda kalau pipa PDAM bertahun-tahun tidak pernah juga dibersihkan,” sebutnya.
Saat ini, pihak PDAM sendiri baru melakukan pembersihan pipa atau flashing pada jaringan Sambaliung menuju Singkuang. Untuk jaringan di perkotaan sendiri, petugas PDAM masih mengidentifkasi lokasi pencucian keluar atau tempat pembuangan airnya.
“Kalau pembersihan di dalam kota diprediksi akan lama, karena kita duga ada beberapa titik pembuangan air milik PDAM sudah tertutup aspal atau cor jalan. Untuk penanganannya kita harus bongkar aspal atau cornya,” pungkasnya. (sam)