Logistik Indonesia Nomor Buncit

0
1

JAKARTA – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Rabu (19/10) menggelar Jakarta Internasional Logistics Summit and Expo (JILSE).
Hadir dalam acara tersebut Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrwati, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi.
Dalam sambutannya, Menkeu Mulyani bilang, salah satu cara yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, adalah memperbaiki produktivitas, daya saing serta efisiensi di seluruh lini perekonomian.
“Di tengah kondisi perekonomian global yang lesu, dan ditambah dengan tren pertumbuahn perdagangan internasional yang melemah maka bagi indonesia melakukan langkah-langkah untuk perbaiki produktiviats efisiensi dan daya saing adalah keharusan,” Kata Menkeu Mulyani.
Dengan memperbaiki sistem logistik nasional, lanjut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, diharapkan bisa mendorong iklim investasi membaik. Diharapkan, Indonesia menjadi pemain utama dalam sistem logistik antar kawasan.
“Karena ini akan menempatkan Indonesia tidak hanya sebagai pasar namun juga sebagai pusat logistik dan industri dalam negeri dan kepentingan kawasan,” harap Sri.
Selanjutnya, Menkeu Mulyani memaparkan hasil survei Bank Dunia yang menyebut, Indeks Performa Logistik Indonesia sangat tertinggal untuk kawasan ASEAN. “Kalau melihat kondisi real logistik nasional, melalui Bank Dunia survey kinerja logistik 2016, logistic performance index masih tertinggal di ASEAN. Dari 160 negara survei, Indonesia jauh tertinggal. Singapura bisa urutan 5, Malaysia 32, dan Thailand 45, Indonesia di 63,” papar Menkeu.
“Bank Dunia menilai bahwa kinerja logistik yang dipengaruhi oleh infrastruktur, costums atau bea cukai, international shipment, logistic quality and competence, dan tracking tracing. Itu ada dua komponen di mana Indonesia masih kurang yakni rendahnya pembangunan infrastruktur dan logistik dan kedua adalah proses kepabeanan tata niaga ekpsor dan impr yang masih harus diperbaiki,” tandasnya. (inc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here