Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> LPSE Kukar Laik Lulus 17 Standar Layanan
LULUS PENILAIAN : Kasubdit Pengelolaan dan Pembinaan LPSE LKPP Hermawan melakukan melihat server milik LPSE Kukar. Ia menilai LPSE Kukar laik lulus 17 standar layanan.
LULUS PENILAIAN : Kasubdit Pengelolaan dan Pembinaan LPSE LKPP Hermawan melakukan melihat server milik LPSE Kukar. Ia menilai LPSE Kukar laik lulus 17 standar layanan.

LPSE Kukar Laik Lulus 17 Standar Layanan

TENGGARONG – Unit Pelaksana Tugas (UPT) Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kukar dinilai laik lulus 17 standar layanan yang diterapkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).
Hal tersebut diungkapkan Kasubdit Pengelolaan dan Pembinaan LPSE LKPP, Hermawan saat melaku-kan assessement di UPT LPSE Kukar, di Kantor Diskomunfo Kukar, Selasa (11/10) lalu.
“Kita sudah lakukan penilaian dari 17 standar yang ada, Alhamdulillah lulus, tapi di tim penilai, tim kecil saya ini, masih ada satu step (langkah, Red.) lagi, kami akan bawa hasil ini ke LKPP di Jakarta untuk di-paneling pada tingkat pimpinan LKPP. Saya akan presentasikan langsung bahwa LPSE Kukar ini memang pantas untuk lulus 17 standar,” kata Hermawan.
Menurut Hermawan, ada tiga minimal layanan standar yang harus diperiksa langsung dengan mendatangi ke lokasi LPSE yang di-assesement, yakni yang berkaitan dengan keamanan, seperti keamanan perangkat, keamanan operasional layanan serta keamanan server dan jaringan. Penilaian itu berdasarkan Peraturan Kepala (Perka) LKPP Nomor 9 Tahun 2015 tentang Peningkatan LPSE.
“Bicara keamanan informasi, LPSE Kukar sudah mengamankan server/data centernya dengan firewall, anti virus yang berlisensi, dan yang paling penting yakni akses ke ruang server hanya sebatas 10 orang, itupun untuk data center untuk seluruh Kukar,” tutur Heremawan.
Secara kelembagaan, lanjutnya, LPSE Kukar sudah menjadi unit tersendiri dalam bentuk UPT yang berada di bawah Diskominfo. Sementara di daerah lain banyak yang masih bersifat ad hoc. “Tempat lain banyak yang ad hoc, yang permanen hanya beberapa,” terang Hermawan.
Terpisah, Kepala LPSE Kukar Naryono mengaku senang dengan penilaian yang disampaikan Hermawan.
“Dengan lulusnya tiga hal berarti kita telah memenuhi 17 standar dan bearti ada peningkatan layanan di LPSE Kukar, terutama di bidang keamanan informasi, di mana server sudah dilihat LKPP (Hermawan, Red.), keamanan pengelolaannya dan memenuhi syarat,” kata Naryono. (ale)