Makan Sehat Menurut Sains


korankaltim
korankaltim
2016-10-12 05:00:26
ADA banyak jenis diet alias pengaturan pola makan yang kadang membingungkan untuk dipilih. Sebelum mencoba salah satunya, simak dahulu kebiasaan makan sehat berdasarkan sains berikut agar tak bertentangan dengan diet Anda.

Makan makanan kesukaan

Profesor bidang nutrisi dari New York University, Lisa Sasson, menyarankan untuk berhenti makan makanan yang tidak Anda sukai. Menurut dia, makan seharusnya menjadi pengalaman yang menyenangkan dan diet dengan menu kesukaan bakal lebih berpotensi sukses.

Perhatikan porsi

Makan dalam porsi tepat ampuh menghindarkan kemungkinan makan berlebih. Selalu perhatikan apa yang Anda makan dan ambil dalam porsi secukupnya agar bisa berhenti sebelum kenyang.

Pilih menu

Sasson menjelaskan, serat dan protein membantu membuat Anda merasa lebih kenyang. Studi yang dilakukan peneliti dari University of Sussex juga membuktikan makanan tinggi serat dan protein membantu pengendalian berat badan.

Makan dengan fleksibel

Masih menurut Sasson, fleksibilitas adalah hal penting dalam kebiasaan makan sehat. Pada dasarnya, manusia memang membutuhkan berbagai jenis makanan yang berbeda alih-alih lima makanan yang sama setiap pekan.

Minum sebelum makan

Minum 16 ons air mineral sekitar 30 menit sebelum makan disebut membantu pengendalian berat badan. Sebuah studi mengungkap, mereka yang melakukannya bisa menurunkan 2,7 pon berat dibandingkan yang tidak.

Bawa bekal sendiri

Dalam 20 tahun terakhir, porsi makanan di restoran Amerika dilaporkan meningkat tiga kali lipat. Karena itu, Direktur NIH’s National Heart, Lung, and Blood Institute Elizabeth G Nabel menyarankan untuk membawa bekal sendiri dari rumah. (rol)

loading...

baca LAINNYA