Breaking News
Home >> Headline >> Makan Tongkol, 20 Santri Mual

Makan Tongkol, 20 Santri Mual

BALIKPAPAN – Sekitar 20 santri Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Gunung Tembak, Balikpapan Timur mendadak dilarikan ke RSUD Kanudjoso Djatiwibowo untuk mendapat perawatan intensif tim medis. Santri tersebut mendadak alami mual dan pusing setelah menyantap ikan tongkol pada Senin (21/11) malam. Diduga, santri tersebut mengalami keracunan makanan.
Ketua YPPH Balikpapan, Ustaz Zainuddin Musaddad membenarkan dari 500 santri, 20 orang diantaranya mengalami mual dan pusing. “Memang benar, ada 20 santri kami yang mual dan pusing usai makan ikan tongkol, Senin (21/11) malam,” kata Zainuddin, Selasa (22/11).
Sementara itu, Perwira Urusan Sub Bagian Humas Polres Balikpapan, Iptu Suharto menuturkan, saat ini 20 santri yang sebelumnya mendapat perawatan sudah kembali ke asrama dan menjalankan aktivitas seperti biasa.
“Saya hubungi pimpinan YPPH dan mengabarkan bahwa santri sudah kembali ke pondok. Memang ada satu santri yang dirawat, tapi bukan karena makan ikan tongkol, tapi terkena asma dan sudah kembali ke pondok,” kata Suharto, kemarin.
Dia menjelaskan, dugaan keracunan ikan tersebut bermula saat santri mencuci ikan tongkol dengan air hujan. Diduga, karena zat tertentu, sehingga santri yang sedang makan ikan tersebut sedang lemah fisik dan mulai merasakan efeknya.
“Mungkin terkena zat tertentu, saat fisik santri sedang lemah, bisa rasakan efeknya. Karena ada 500 santri yang makan ikan tongkol, hanya 20 santri yang merasa pusing dan mual,” bebernya.
Dia menambahkan, tidak ada proses hukum. Karena santri dalam kondisi sehat. “Sudah dipulangkan semua, sekarang sudah masuk pondok dan tidak terjadi apa-apa,” tambahnya. (yud)